Wanita Sholeha (Wanita Idaman): Alasan, Sifat dan Ciri-ciri

Khusus bagi para kaum laki – laki muslim, sudah sudah seharusnya mempersiapkan diri untuk melakukan perkawinan. Untuk mencari mempelainya pun tidak sulit, yang paling utama adalah seorang wanita sholeha muslim.

Karena selain memiliki paras yang cantik, wanita Muslimah juga memiliki hati yang bersih dan jauh dari segala sifat yang disukai setan seperti iri, dan dengki dunia.

Kebanyakan seorang laki – laki memperhatikan zahir atau kecantikan, sedangkan unsur akhlaknya tidak. Nyatanya, akhlak dari pasangan hidup akan sangat berpengaruh untuk memberikan kebahagiaan dalam membangun rumah tangga.

Istri yang baik juga pandai dan mampu menjadi naungan ketenangan bagi seorang suami dan tempat istirahat dari sulitnya kehidupan di luar sana.

Alasan memilih Wanita Sholeha

alasan memilih wanita sholeha
Alasan Memilih Wanita Sholeha

1. Penurut dengan suami

Carilah istri yang menurut dengan suami untuk bisa dikatakan sebagai istri sholeha. Penurut yang dimaksud adalah mampu menyelesaikan perintah suami namun masih dalam batasan yang benar.

Jika anda memilih istri yang patuh terhadap agamanya, tuhan juga akan memberikan yang terbaik dan sesuai dengan apa yang telah anda usahakan selama ini, dan juga mampu menyenangkan hati suami.

Baca Juga : Mengenal Jihad: Pengertian, Manfaat dan Syarat Jihad

2. Wanita Setia

Cantik saja tidak cukup, apa artinya jika memiliki istri yang cantik tetapi masih suka bermain api dengan yang lain. untuk itu disarankan bagi para kaum pria untuk memiliki calon istri yang tidak hanya cantik tetapi setia.

Baca Juga :   Sifat Wajib Rasul, Sifat Mustahil Rasul (Penjelasan & Gambar)

Lalu taat dalam menjalankan ibadan sehingga memiliki iman yang kuat untuk menahan segala bentuk godaan yang akan merugikan baik untuk dirinya maupun untuk suaminya.

3. Selalu menjadi pengingat

Manusia memang jauh dari kata sempurna, dan juga mudah sekali jatuh ke dalam lubang dosa. Jika mengingat mengenai godaan duniawi, tentu aja ada kemungkinan untuk anda tergoda dan mengikuti jalurnya.

Untuk itu pentingnya memiliki istri yang sholeha juga bisa menjadi pengingat untuk tidak salah jalan dalam menuju kebenaran. Selain itu juga bisa perlahan mengajarkan untuk taat beribadah.

4. Mampu memberikan keturunan yang shaleh

Tentu saja sudah menjadi dambaan setiap orang tua jika ingin memiliki anak yang shoeh dan sholeha.

Untuk itu jangan ragu untuk memilih calon istri yang pandai dalam menjalankan ibadah dan juga mampu memberikan pengetahuan mengenai keagamaan tentang islam yang ada.

Kelak dengan didikan seperti itu anak anda bisa menjadi anak berbakti kepada orang tua yang sholeh dan sholeha.

5. Membawa ke surga

Jika anda ingin istri dan juga anak – anak anda ingin masuk surga, salah satu caranya adalah dengan menikahi wanita muslim yang shaleha.

Karena diyakini bahwa wanita tersebut sudah mengerti tentang cara melaksanakan kewajiban yang baik dan benar, sekaligus mampu menyenangkan hati suami. Tidak hanya memiliki wajah yang cantik, tetapi juga cantik dari sisi dalam hati dan pikirannya.

Sifat Wanita Sholeha

Sifat Wania Sholeha
Sifat Wania Sholeha

1. Menutup aurat

Menutupi aurat adalah sifat awal dalam wanita Muslimah. Karena mampu menutupi seluruh bagian tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Pendapat ini juga dikuatkan oleh masukkan ulama.

Hijab merupakan sebuah kain yang digunakan oleh wanita untuk menutupi bagian kepala, bukan penutup wajah. Sedangkan untuk menutupi wajah disebut khimar.

Baca Juga :   Mandi Wajib: Pengertian, Tata Cara, Rukun, Doa dan Syarat

2. Memenuhi syarat pakaian syar’i

Kedua adalah mampu menggunakan pakaian yang berfungsi sebagai syariat agama islam, tidak hanya untuk berhias diri.

Sahabat nabi juga mengatakan bahwa dengan menggunakan perhiasan hanya akan mengundang syahwat bagi kaum pria.

Lalu menggunakan pakaian yang longgar dan juga tidak tipis sehingga tidak menggambarkan lekuk tubuh, dan yang terakhir tidak menggunakan parfum.

3. Betah di rumah

Selanjutnya adalah wanita yang mampu menghindari godaan laki – laki selain suami dan juga godaan dunia yang lain dengan tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan mendesak.

Karena seperti yang sudah diketahui bahwa hal ini mampu menyelamatkan para kaum wanita dari laki – laki yang memiliki hawa nafsu besar. Tanpa izin suami, istri tidak bisa keluar rumah.

Download Makalah Wanita Sholeha

Ciri – ciri Wanita Sholeha

ciri-ciri wanita sholeha
Ciri-ciri Wanita Sholeha

Wanita Muslimah memiliki ciri-ciri yang beriman kepada Allah dan juga utusannya Nabi Muhammad yang berpedoman kepada Al – Quran. semua itu juga berdampak pada perkataan dan juga perbuatan, serta amalannya.

Mampu menjauhi apa yang dilarang di Al – Quran karena takut siksaannya yang teramat sakit.

Lalu wanita Muslimah juga bisa menjaga waktu untuk melakukan solat lima waktu. Dan juga mampu mendirikan solat tepat waktu sekaligus menjalankan sunnahnya.

Bahkan malaikat sekalipun tetap taat dan mampu menyembunyikan ibadahnya kepada malaikat lain. sebab dengan melakukan ibadah akan menjauhkan segala bentuk perbuatan yang keji dan munkar dari segala bentuk perbuatan maksiat.

Selain itu juga wanita Muslimah mampu menjaga jilbabnya dengan rasa yang senang. Sethingga tidak masalah jika mereka menggunakannya dalam kurun waktu yang lama.

Tidak hanya menggunakannya saja tetapi juga memberikan keindahan dan juga kenyamanan serta perlindungan Allah.

Baca Juga :   Doa Sebelum dan Sesudah Makan (Arab, Latin dan Artinya)

Selain taat kepada suami, wanita Muslimah juga mampu mendidik anak – anaknya sehingga bisa memberikan nilai – ilia agama islam yang baik dan juga sesuai akidah yang ada. Dan yang terpenting mampu menanamkan perasaan cinta Allah dan Rasulnya serta menjauhi segala bentuk dosa.

Wanita muslim yang baik tidak berduaan pada lawan jenis yang bukan muhrimnya. Karena dalam hadist disebutkan apabila berdua dengan seorang laki – laki begitu juga sebaliknya, maka yang ketiganya adalah setan.

Sehingga bisa dikatakan setan ini akan memicu terjadinya hal – hal yang merugikan, seperti godaan untuk melakukan maksiat apalagi jika berada dalam kondisi yang sepi.

Ciri – ciri selanjutnya adalah tidak menyerupai laku – laki, karena dalam sabda rasul dikatakan allah melaknatkan para wanita yang berdandan seperti laki – laki, begitu juga sebaliknya.

Juga tidak menyerupai wanita kafir baik itu dalam berpakaian maupun tingkah lakunya. Selanjutnya menyerukan para wanita lain untuk berkata baik dan juga juga menjaga kesopanan terhadap siapapun.

Apabila anda memiliki wanita sholeha yang terdidik dalam bidang agama akan memiliki akidah yang baik dan mulia, serta memiliki budi pekerti luhur.

Wanita sholeha yang tahu ajaran agama juga mampu memberikan generasi islam yang baik dan juga diridhoi Ar – Rahman.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.