Teknologi Informasi Komunikasi: Pengertian, Fungsi dan Tujuan

Teknologi informasi komunikasi merupakan sebuah tempat yang menjadi wadah semua perangkat teknis yang digunakan dalam proses untuk penyampaian informasi.

Secara rinci, teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi 2 bagian yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Dalam teknologi informasi ada berbagai hal yang memiliki hubungan dengan sebuah proses, penggunaan alat bantu dan bagaimana memanipulasi hingga mengetahui hasil dari mengelola informasi.

Sedangkan teknologi komunikasi yaitu sesuatu yang berhubungan erat bagaimana cara menggunakan alat bantu untuk melakukan prosedur transfer data.

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi
Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi (Image Source: Pixabay.com)

Teknologi informasi komunikasi terdiri dari dua aspek penting, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi terdiri dari segala hal yang berhubungan dengan sebuah proses, pengoperasian alat bantu, memanipulasi dan bagaimana cara mengolah informasi yang tepat.

Sedangkan, teknologi komunikasi terdiri dari segala hal yang berhubungan dengan pemanfaatan alat bantu untuk mengolah dan mentransfer sebuah data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Jadi, teknologi informasi komunikasi yaitu suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan mengandung pengertian luas mengenai semua kegiatan yang berhubungan dengan sebuah proses, manipulasi dan pengoperasian serta pemindahan atau transfer sebuah informasi antar data.

Menurut Susanto (2002) bahwa informasi merupakan sebuah hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan dapat menjadi bahan informasi.

Jadi pengertian TIK yaitu sebuah alat bantu atau media yang dapat digunakan untuk transfer data, baik untuk mendapatkan informasi/ suatu data maupun untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Baca Juga :   Database: Pengertian, Tipe, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan

Selain itu, TIK juga dapat digunakan sebagai alat untuk beromunikasi baik untuk satu arah ataupun komunikasi dua arah.

TIK juga merupakan payung besar terminologi yang mampu mencangkup segala kebutuhan teknis untuk memproses dan menyampaikan suatu informasi, serta memiliki dua aspek penting yaitu teknologi informasi dan juga teknologi komunikasi.

Fungsi Teknologi Informasi Komunikasi

Fungsi Teknologi Informasi Komunikasi
Fungsi Teknologi Informasi Komunikasi (Image Source: Pixabay.com)

TIK memiliki fungsi yang terdiri dari tiga macam antara lain, fungsi terhadap dunia pendidikan, untuk kehidupan manusia dan fungsi secara umum. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan lengkap berikut ini.

1. Fungsi TIK dalam dunia pendidikan

Dalam dunia pendidikan, bahwa TIK memiliki 3 peran penting yang mana selalu digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar, diantaranya adalah:

  • Teknologi memiliki peran penting yang berfungsi sebagai alat atau media. Dalam proses pembelajaran, media tersebut akan digunakan sebagai media sarana untuk siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
  • Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, bahwa teknologi berperan penting untuk kedisiplinan ilmu yang wajib dikuasai oleh semua peserta didik.
  • Selain sebagai media pembelajaran, maka teknologi juga berperan penting sebagai bahan materi pembelajaran. Dimana teknologi dapat memainkan peranan menjadi sebuah teori pembelajaran yang harus dipelajari dan dikuasai dengan bantuan teknologi seperti komputer.

Pada umumnya komputer akan digunakan oleh peserta didik dan sudah diatur sedemikian rupa, sehingga para peserta didik akan dipandu langkah demi langkah sampai bisa memahami semua materi yang disampaikan.

Dalam konteks ini, bahwa teknologi berperan penting sebagai mentor bagi peserta didik dalam proses kegiatan belajar.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Wikipedia

2. Fungsi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia

Dalam kehidupan manusia sehari-hari, maka TIK juga memiliki peran yang sangat penting, seperti yang dipaparkan berikut ini:

Baca Juga :   Database: Pengertian, Tipe, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan

A. Kemudahan untuk mengakses informasi

Di zaman modern saat ini, maka internet sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat luas.

Dimana segala sesuatu dapat ditemukan dan dilakukan secara online, hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet maka Anda sudah menemukan solusi terbaik.

B. Mempermudah pekerjaan

Dengan menggunakan teknologi, maka segala sesuatu menjadi lebih mudah. Salah satunya yaitu aktivitas kerja yang dapat ditunjang dengan fasilitas teknologi yang lebih canggih untuk meningkatkan produktifitas karyawan.

Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi maka masyarakat memiliki peluang besar yang menguntungkan dengan kerja dengan menggunakan sistem online.

C. Kemudahan untuk berkomunikasi

Canggihnya sistem teknologi dan informasi, maka kegiatan untuk proses komunikasi menjadi semakin mudah.

Salah satunya dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur kamera dan berbagai macam aplikasi seperti menyediakan layanan untuk videocall.

Dimana Anda dapat melakukan komunikasi dengan siapa saja dan kapan saja tanpa terhalang dengan jarak.

Karena Anda dapat berbicara secara langsung dengan orang yang dituju atau face to face.

D. Kemudahan untuk bertransaksi

Kegunaan teknologi lainnya yaitu untuk memberikan kemudahan dalam berbagai hal, termasuk dalam bertransaksi. Saat ini, teknologi juga berperan penting sebagai alat untuk melakukan transaksi secara online.

Anda bisa transfer bank tanpa harus mengantri di bank ataupun ATM, karena cukup dengan aplikasi internet banking maka Anda sudah bisa mentransfer uang kapan saja dan dimana saja hanya dalam sekali ketik.

3. Fungsi Teknologi Informasi Komunikasi Secara Umum

Secara umum, TIK memiliki beberapa fungsi,antara lain:

A. Fungsi sebagai penangkap atau capture

Fungsi capture yaitu berperan sebagai penangkap informasi dan dipercaya oleh pengguna (user). Sehingga pengguna bisa mendapatkan semua hal yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Database: Pengertian, Tipe, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan

B. Fungsi sebagai pengolah atau processing

Fungsi processing merupakan suatu kompilasi dari beberapa rincian kegiatan. Contohnya yaitu untuk menerima suatu input data dari sebuah scanner dan lainnya. Setelah data tersebut diolah dan diproses maka menjadi sebuah bentuk informasi.

C. Fungsi menghasilkan atau generating

Fungsi generating yaitu dimana teknologi tersebut berperan sebagai alat yang digunakan untuk mengorganisasikan sebuah informasi ke dalam bentuk yang lebih terarah dan mudah untuk dipahami. Contohnya, tabel dan grafik.

D. Fungsi penyimpanan atau storage

Fungsi storage yang merupakan peranan teknologi untuk merekam atau menyimpan sebuah informasi atau data ke dalam media multifungsi sehinga dapat digunakan untuk kepentingan lain di lain waktu. Contohnya, disimpan di hardisk, flashdisk dan sebagainya.

E. Fungsi untuk pencarian kembali atau retrifal

Fungsi retrifal berhubungan dengan penelusuran. Dimana seorang user bisa membuka atau menyalin kembali data informasi yang telah disimpan.

Cara kerjanya lebih praktis, karena tinggal mengetik pada kolom pencarian maka Anda langsung bisa menemukan data tersebut.

F. Fungsi transmisi dan transmission

Fungsi transmission berhubungan dengan aktivitas kirim mengirim suatu informasi atau data dengan menggunakan jaringan komputer sebagai media. Contohnya, mengirim suatu data yang telah direkap dari user yang satu ke lainnya.

Penjelasan lengkap mengenai pengertian teknologi informasi komunikasi beserta fungsi dan contoh-contohnya di atas. Semoga dapat menambah wawasan untuk Anda dalam bidang ilmu teknologi dan komunikasi.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.