Rumus Luas Lingkaran, Keliling Lingkaran, Diameter Lingkaran

Matematika sebagian besar merupakan permasalahan bagi siswa sekolah yang masih belum mengerti dan memahami tentang masing-masing rumus pada soal yang diberikan.

Sama halnya dengan rumus luas lingkaran yang menjadi salah satu ketakutan siswa pelajar dalam mengerjakannya.

Pada pembahasan kali ini, akan dipaparkan dengan lengkap berkaitan dengan pengertian hingga cara menghitung serta contoh rumus bulat.

Agar lebih mudah, artikel ini akan mencoba menjelaskan secara mudah sehingga dapat lebih mudah pula untuk dipahami. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Rumus Luas Lingkaran

Pengertian Rumus Luas Lingkaran

Sebelum mencoba mengerjakan rumus luas lingkaran dalam bentuk soal nyata, Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari lingkaran terlebih dahulu.

Lingkaran adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh kumpulan semua titik yang memiliki jarak yang sama dari suatu titik tetap terdiri dari bagian dalam dan bagian luar.

Jika dilihat dari satu sisi yang tegak lurus, lingkaran yang berdiri datar dapat memiliki bentuk yang hampir sama dengan bola yang berbentuk bulat. Pada titik tetap bulat tersebut terdapat kurva tertutup yang dapat memisahkan bidang menjadi belahan dalam dan belahan luar.

Luas lingkaran ini merupakan luas seluruh daerah yang melingkupi atau dibatasi oleh keliling lingkaran. Dalam ilmu matematika telah ditetapkan cara menghitung luas dari lingkaran tersebut.

Tidak hanya menjadi soal pada saat sekolah, rumus luas lingkaran ini juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga penting untuk dipelajari.

Baca Juga :   Rumus Volume Tabung (Silinder), Contoh Soal dan Pembahasan

Penjelasan tentang lingkaran ini dapat menjadi pengetahuan umum yang dapat digunakan sebagai wawasan bagi Anda.

Jika telah mengetahui dan memahami tentang lingkaran maka akan lebih mudah untuk mengerjakan soal-soal yang akan disuguhkan pada saat ujian sekolah.

Source Wikipedia.org

Unsur Rumus Luas Lingkaran

Unsur Rumus Luas Lingkaran

Meskipun berbentuk bulat, lingkaran juga memiliki unsur-unsur yang harus diketahui sebelum belajar tentang rumus luas lingkaran.

Pengetahuan tentang unsur lingkaran ini dapat memudahkan Anda dalam memahami dan mengerjakan soal dengan rumus lingkaran.

Unsur lingkaran dibedakan menjadi tiga, yaitu lingkaran berupa titik, lingkaran berupa garisan, dan lingkaran berupa luaran.

Ketiganya memiliki jenis masing-masing dan memiliki pengertian yang berbeda pula. Sehingga diperlukan pemahaman yang mendalam tentang unsur-unsurnya.

Lingkaran berupa titik terdiri dari titik pusat yang merupakan bagian titik tengah lingkaran yang memiliki jarak tetap dimanapun pada bagian lingkaran. Unsur lingkaran berupa garisan terdiri dari jari-jari, tali busur, busur, keliling lingkaran, diameter, dan apotema.

Jari-jari merupakan garis lurus sebagai alat komunikasi antara titik pusat dengan lingkaran. Jari busur merupakan garis lurus yang mengiris bagian dalam lingkaran sehingga memisahkan dua titik yang berbeda.

Busur merupakan garis lengkung yang berimpit dengan lingkaran dalam bentuk terbuka maupun tertutup. Keliling lingkaran adalah busur terpanjang yang menempel pada lingkaran.

Diameter adalah tali busur terbesar yang memiliki penjang dua kali lipat dari luas jari-jarinya. Diameter ini membagi lingkaran yang sama luas. Dan apotema yaitu garis terpendek pada selang tali busur dan pusat lingkaran.

Sedangkan unsur lingkaran berupa luaran ada tiga, yaitu jaring, jembreng, dan cakram. Jaring adalah wilayah pada lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari yang terletak pada kedua ujung bagian lingkaran.

Baca Juga :   8 Rumus Bangun Ruang: Kubus, Balok, Tabung, Kerucut, Bola dll

Jembreng adalah wilayah pada lingkaran yang dibatasi oleh busur dengan tali busurnya. Sedangkan cakram adalah seluruh wilayah lingkaran yang terletak di dalam lingkaran dengan luas jari-jari kuadrat kemudian dikalikan dengan phi cakram yang merupakan jarring terbesar.

Unsur-unsur lingkaran di atas dapat menjadi alat untuk memahami lingkaran sehingga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari maupun pada saat menerima materi tentang lingkaran. Anda dapat mengenal lingkaran dengan mengetahui unsurnya terlebih dahulu.

Cara Menghitung Rumus Luas Lingkaran, Keliling Lingkaran, dan Diameter Lingkaran

Cara Menghitung Rumus Luas Lingkaran, Keliling Lingkaran, dan Diameter Lingkaran

Ketika mendengar pertama kali, mungkin Anda masih kesulitan untuk memahami rumus yang terdapat pada lingkaran. Terdapat pencarian rumus luas lingkaran, rumus keliling lingkaran, dan rumus diameter lingkaran.

Ketiganya memiliki rumus dan cara mengerjakan yang berbeda pula, sehingga diperlukan konsentrasi yang tinggi pada saat mendengar rumus ini pada pengalaman pertama.

Jika pada saat mendengar tentang materi ini disekolah dan mengalami kesulitan, tidak perlu khawatir. Anda dapat mengulangi materi ini disini dengan pengertian yang mudah dipahami. Sehingga Anda akan mudah pula untuk mengerjakan soalnya.

1. Rumus luas lingkaran

Rumus menghitung luas pada lingkaran adalah seperti di bawah ini :

L = π x r²

Keterangan :

L : luas lingkaran

π : 22/7 atau 3,14

r : jari-jari lingkaran

penjabaran rumus belum lengkap apabila tidak disertai dengan contoh mengerjakan soal. Contoh mengerjakan soal ini dapat menjadi pedoman Anda pada saat mengerjakan soal yang serupa.

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk pengerjaan soal ini adalah mencari jari-jari.

Jika terdapat soal “Diketahui sebuah lingkaran dengan jari-jari 17 cm, berapakah luas lingkaran tersebut?

Cara penyelesaian :

L = π x r²

L = 3,14 x 17²

L = 3,14 x 289

L = 907,46 cm

2. Rumus keliling lingkaran

Rumus mencari keliling lingkaran tergantung dari jenis soal yang diketahui dari bagian rumus pada keliling lingkaran. Adapun rumus keliling lingkaran terdiri dari dua, yaitu :

Baca Juga :   Geometri: Pengertian, Rumus, Pembahasan dan 3 Tipe Geometri

Keliling lingkaran = π x d

Keliling lingkaran = 2 x π x r.

Dari rumus keliling lingkaran di atas akan semakin dipahami apabila terdapat contoh soal. Berikut merupakan contoh soal yang dapat menjadi latihan

hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 10 cm!

Cara penyelesaiannya adalah sebagai berikut :

Keliling lingkaran = 2 x π x r

Keliling lingkaran = 2 x 3,14 x 10

Keliling lingkaran = 62,8

3. Rumus diameter lingkaran

Diameter merupakan 2 kali jari-jari. Rumus mencari diameter terdiri dari tiga yaitu :

Diameter = 2 x r

Diameter = Keliling / π

Diameter = √ Luas Lingkaran / π

Contoh soalnya adalah sebagai berikut “ diketahui sebuah lingkaran kelilingnya 88 cm, berapa panjang diameternya?”

Cara pengerjaan :

Diameter = Keliling / π

Diameter = 88 / 22 / 7

Diameter = (7 x 88) : 22

Diameter = 616 : 22

Diameter = 28

Sekian penjelasan lengkap tentang lingkaran beserta rumusnya. Semoga dapat membantu Anda dalam belajar khususnya dalam mengerjakan tugas sekolah maupun hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.