Gambar Peta Topografi Terbaru (Pengertian dan Penjelasan)

Kadang kala anda sering bingung dengan beberapa jenis peta, yang saat ini banyak tersebar dengan berbagai jenis, fungsi, dan tujuan yang berbeda. Salah satunya adalah peta topografi, yang sampai saat ini memang termasuk peta khusus.

Dengan fungsi tertentu, untuk menjelaskan kontur pada suatu daerah. Dengan memperlihatkan batas wilayah suatu tempat, termasuk ketinggian pada suatu wilayah tertentu.

Dalam pembahasan mengenai peta ini, nantinya anda bisa melihat beberapa daerah di Indonesia dengan kontur yang berbeda.

Pada dasarnya mempelajari kontur ini, merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, demi memahami secara jelas tentang suatu wilayah tertentu.

Bahkan hal ini sangat penting bagi kemiliteran, untuk mempelajari secara jelas tata letak wilayah para musuh dengan jelas.

Pengertian Peta Topografi

Pengertian Peta Topografi

Untuk anda yang belum begitu paham, anda harus tahu bahwa sebenarnya peta ini merupakan peta yang sangat penting untuk dipelajari, terutama jika anda memang ingin mempelajari letak geografis suatu wilayah dengan sangat luas.

Dimana dengan peta ini, anda akan melihat peta khusus yang menjelaskan beberapa hal, dengan menggambarkan bentuk relief tinggi dan rendahnya permukaan pada bumi.

Baca Juga : Mengenal Peta Asia, dari Asia Pasifik ke Asia Tenggara

Sebenarnya relief pada permukaan bumi, nantinya akan digambarkan menggunakan sebuah garis yang berfungsi untuk memberikan penglihatan, pada apa yang digambarkan sesuai dengan ketinggian atau rendahnya suatu tempat.

Nantinya garis tersebut, bukan hanya akan menggambarkan kontur tetapi juga akan menggambarkan ketinggian yang berbeda, dengan warna yang berbeda pula pada beberapa bagian.

Baca Juga :   Gambar Peta Asia Terbaru (Asia Tenggara dan Asia Pasifik)

Jadi nantinya, ketika anda akan membuat atau mungkin akan membaca peta ini, anda harus tahu bahwa garis yang terdapat pada petanya memang tidak akan pernah bisa lepas dari peta ini.

Dimana anda juga harus mengerti bahwa sebenarnya, cara untuk membaca ketinggian wilayah pada peta akan dijelaskan dengan beberapa garis, baik yang terhubung langsung ataupun dengan garis putus yang menghubungkan.

Peta Topografi Indonesia

Peta Indonesia
Peta Topografi Indonesia

Berbicara mengenai peta topografi di Indonesia, jika anda lihat pada peta aslinya maka anda akan mengerti bahwa, sebenarnya di Indonesia memang terdapat banyak dataran tinggi.

Sehingga akan ada banyak perbukitan yang terlihat untuk memperlihatkannya, dimana anda akan menemukan banyak sekali hutan hujan tropis pada beebrapa wilayah di Indonesia, yang menjadi bukti dari gambaran topografi wilayahnya.

Baca Juga : 100 Peta Indonesia, dari Pulau Jawa ke Pulau Papua

Ketika anda melihat peta topografinya, rata-rata di Indonesia itu sendiri memang terdapat banyak sekali daerah pegunungan.

Gunung merbabu contohnya, sebagai salah satu gunung yang saat ini memang menjadi wilayah yang tinggi di Indonesia.

Maka tidak heran jika beberapa wilayah di Indonesia, memang pada konturnya akan digambarkan dengan beragam garis yang menyatakan tingginya bukti di Indonesia.

Gambar Peta Topografi Indonesia
Gambar Peta Topografi Indonesia

Bahkan sampai saat ini, beberapa negara di Asia Tenggara memang akan memiliki sedikit kontur yang mirip, sebagai salah satu daerah yang memang sejak dahulu memiliki persamaan.

Mungkin untuk anda yang masih penasaran, tentang letak topografi Indonesia itu sendiri anda bisa mencoba untuk melihatnya, menggunakan sebuah sistem aplikasi untuk geografi, arcgis yang menjadi aplikasi untuk melihat kenampalkan alam.

Keadaan Iklim dan Topografi Di Indonesia

World Map Topografi

Perlu untuk anda ketahui bahwa, sebenarnya Indonesia merupakan salah satu negara, dengan memiliki iklim tropis.

Baca Juga :   Peta Dunia Skala 1:3.000.000 dari 7 Benua di Dunia

Maka dari itu dapat dipastikan bahwa, Indonesia memang memiliki kadar udara dengan kelembaban yang sedikit tinggi.

Sehingga untuk anda yang tinggal di Indonesia, mungkin anda diharuskan untuk menjaga kelembaban kulit, karena udara yang lembab bisa membuat kulit nampak kering.

Karena di Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, maka cuaca atau musim yang dimiliki oleh Indonesia tidak sebanyak negara lain.

Tentunya di Indonesia hanya memiliki 2 musim saja, yang menjadi suatu hal pasti untuk terjadi di setiap tahunnya.

Musim hujan dan musim kemarau, menjadi dua jenis musim yang sering terjadi di Indonesia dengan pergantian pada pertengahan tahun sekali untuk setiap musim.

Jumlah Provinsi dan Demografi di Indonesia

Peta Topografi Dunia

Di Indonesia itu sendiri sampai saat ini, terdapat sekitar 34 provinsi yang tersebar pada beberapa wilayah dan pulau, sehingga mmebuatnya menjadi negara kepulauan yang luas.

Untuk saat ini jumlah provinsi di Indonesia diikuti dengan beberapa pulau besar, dengan penghuni yang cukup banyak.

Contohnya untuk pulau Jawa saja sudah terbagi menjadi 3 bagian, jawa Barat, Jawa Tengah dengan Kota Wonosobo, juga dengan Jawa Timur dan Semarang sebagai khasnya.

Baca Juga : 18 Peta Jawa Barat, dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Juga masih ada banyak pulau besar lainnya yang banyak dihuni oleh penduduknya, sampai saat ini beberapa pulau besar selain kepulauan jawa, diantaranya adalah pulau Sumatera seperti Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara Timur dan Barat, Kepulauan Seribu, dan masih banyak lagi.

Yang menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara kepualauan dengan jumlah pulau yang sangat banyak ini.

Pada tahun 2018 saja, menurut hasil survei Indonesia sudah memiliki kurang lebih, sekitar 270.054.853 jiwa yang menempati hampir seluruh kepulauan di Indonesia.

Baca Juga :   Peta Kalimantan (Timur, Barat, Selatan, Utara, Tengah)

Tidak heran jika Indonesia memang sampai dinobatkan menjadi salah satu negara, dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia.

Letak Geografis Wilayah Indonesia

Jumlah Provinsi Indonesia

Berbicara mengenai letak geografis, Indonesia itu sendiri memiliki sebagian besar daerah kelautan, dengan jumlah luas total Indonesia sekitar 1.905 juta KM2.

Dengan luas ini, anda juga harus tahu bahwa secara geografis Indonesia memang terletak diantara 2 benua, yakni benua Australia dan Asia.

Diapit juga oleh dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Secara astronomisnya Indonesia memang terletak pada 6LU-11LS-95BT-141BT.

Tentunya dengan semua kontur, populasi, luas, dan keadaan geografisnya tidak heran, jika Indonesia memang memiliki iklim tropis dengan kelembaban udara yang cukup tinggi.

Semua ini bukan tidak mungkin, bisa anda buktikan dengan melihat kembali peta topografi.

Download Peta Topografi Indonesia

Download Peta Topografi Indonesia
Download Peta Topografi Indonesia

Downloat Peta Topografi Indonesia Berkualitas Tinggi (Ukuran 2MB)

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.