Peta Pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur)

Tahukah Anda pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia? Walau dari Peta Pulau Jawa hanya menduduki peringkat kelima terbesar, namun ternyata berisi sekitar 60 persen dari total populasi negara ini, atau sekitar 160 juta jiwa.

Tak hanya itu pulau yang luasnya mencapai 138.793,6 kilometer persegi ini juga menyimpan banyak kelebihan dibanding yang lain.

Penasaran bagaimana keterangan lengkapnya?

Dari sisi geografis pulau ini terletak di tengah Indonesia, diapit Pulau Sumatera dan Bali di Barat dan Timurnya, serta Kalimantan dan Pulau Natal di bagian Utara dan Selatannya.

Baca Juga : 297+ Gambar Peta Indonesia 34 Provinsi Skala 1:5.000.000

Pembagiannya sendiri ada enam, yaitu DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten. Dengan kawasan terluasnya berada di bagian timur. Berikut penjelasan lengkap untuk Anda.

Peta Jawa Barat

Kawasan Barat dari Jawa memiliki luas 35.400 kilometer persegi. Terdiri dari 19 pulau, 18 Kabupaten, dan 9 Kota, dengan lima suku mayoritasnya yaitu suku Cirebon, Jawa, Baduy, Betawi dan Sunda.

Lihat Peta Jawa Barat di artikel berikut : 27+ Gambar Peta Jawa Barat Kualitas Tinggi dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Baca Juga :   7 Proses Daur Air: Pengertian, Urutan, Penjelasan, Gambar

Jumlah penduduknya mencapai 43 juta jiwa, dimana lebih dari 50 persen bertempat tinggal di kawasan perkotaan. Ada beberapa karakteristik dari Jawa Barat yang sangat berbeda jika disbanding daerah lain.

Logo Jawa Barat

Logo Jawa Barat
Logo Jawa Barat / Logo Provinsi Jawa Barat

Penduduk

Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah suku Sunda yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa keseharian. Sama halnya dengan daerah lain seperti Bali, penduduk disini terkenal dengan keramahan dan sopan santunnya.

Seni

Kesenian yang paling terkenal di daerah ini adalah wayang golek, salah satu yang sering dimainkan adalah karakter wayang si Cepot, yang kental bahasa Sundanya.

Selain itu, kuda lumping juga menjadi daya tarik tersendiri, disamping beberapa kesenian lain yang juga banyak dikenal luas.

Kekayaan Alam

Padi merupakan hasil bumi paling banyak di Jawa Barat, karena curah hujan yang tinggi memungkinkan padi berkembang baik, sama halnya dengan Sulawesi dan Sumatera. Sejumlah mineral juga terdapat di kawasan ini seperti batu gamping dan tanah liat.

Objek Wisata

Pantai Pangandaran dan pemandian ciater merupakan yang paling terkenal. Disamping itu, berbagai inovasi yang dilakukan pemerintah daerah, banyak spot wisata kreatif yang bermunculan, seperti beberapa arsitektur baru di Kota Bandung dan sekitarnya.

Peta Jawa Timur

Dengan wilayah terluas di Peta Pulau Jawa seperti ada di berbagai atlas Indonesia di Pulau Jawa yaitu mencapai 47.800 kilometer persegi, kawasan Timur berpenduduk paling banyak dari semua kawasan yang ada di pulau tersebut, yaitu sekitar 42 juta jiwa.

Untuk melihat Peta Jawa Timur baca di artikel berikut : 37+ Peta Jawa Timur Skala 1:700.000 dari 38 Kabupaten dan Kota

Terdiri dari 29 Kabupaten dan 9 Kota. Karakteristik dari kawasan ini juga layak untuk diketahui.

Baca Juga :   Gambar Peta Indonesia 34 Provinsi Skala 1:5.000.000

Lihat Peta Pulau Jawa di Wikipedia.org

Logo Jawa Timur

Logo Jawa Timur
Logo Jawa Timur / Logo Provinsi Jawa Timur

Penduduk

Mayoritas penduduk berprofesi sebagai pegawai, ada juga yang bertani, dan di bidang perdagangan serta industri. Bahasa yang digunakan mayoritas adalah bahasa Jawa, kalaupun menggunakan bahasa Indonesia, tetap dengan dialek Jawa yang kental.

Seni

Kesenian ludruk merupakan yang paling terkenal dari provinsi Jawa Timur. Ada juga Kesenian Reog yang sangat fenomenal. Serta beberapa tarian yang seru dan wajib Anda tonton jika berada di Jawa Timur.

Kekayaan Alam

Jawa Timur yang batas laut Utara dan Selatan adalah Laut Jawa dan Samudera Hindia ini memiliki kekayaan alam di bidang kelautan yang cukup signifikan, begitu juga di bidang perindustrian, terbukti banyak perusahaan besar bermarkas di Jawa Timur.

Wisata

Banyak obyek wisata ternama di Jawa Timur diantaranya pantai Srau, lalu ada Gunung Bromo, sejumlah pantai dengan view menarik seperti Pantai Watu Karung dan Srau.

Wisata kuliner juga sangat menjanjikan disini, sebab banyak makanan khas yang membuat ketagihan, contohnya rawon dan rujak cingur yang enaknya maksimal.

Peta Jawa Tengah

Dibentuk pada zaman Belanda, kawasan dengan luas 32.600 kilometer persegi ini, Jawa Tengah kini memiliki 28 Kabupaten dan enam Kota.

Untuk melihat Peta Jawa Tengah dengan kualitas tinggi kamu dapat melihatnya di artikel berikut : 61+ Peta Jawa Tengah Skala 1:800.000 dari 35 Kabupaten dan kota

Semarang merupakan kota terbesarnya juga ibukota provinsi. Jumlah penduduk mencapai 35 juta jiwa dengan pertumbuhan pertahunnya di angka 0,67 persen.

Diapit Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, kawasan ini tumbuh pesat denga karakter yang unik.

Logo Jawa Tengah

Logo Jawa Tengah
Logo Jawa Tengah / Logo Provinsi Jawa Tengah

Penduduk

Mayoritas penduduk bertempat tinggal di kota besar, terutama Kabupaten Brebes. Bahasa yang digunakan kebanyakan adalah bahasa Jawa dan Indonesia.

Baca Juga :   Peta Jawa Barat, dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Selain itu, dua kaum minoritas di daerah ini yaitu Tionghoa dan Arab juga memiliki peran dalam penting. Dengan batas daratan meliputi beberapa daerah Jawa lainnya, banyak yang memilih pindah kesini untuk mencoba peruntungan

Kesenian

Tari Serimpi adalah kesenian utama Jawa Tengah dengan nama Kota Semarang sebagai lokasi utama kesenian ini. Selain itu ada lagi ketoprak atau kata lainnya lenong, yang terkenal hingga mancanegara.

Kekayaan Alam

Mayoritas penduduk menjadikan bidang pertanian sebagai sumber pendapatannya, komoditi utamanya adalah padi dan sayur mayur.

Perindustrian dan perdagangan juga sangat popular di kawasan ini. Blok Cepu terkenal memiliki cadangan minyak bumi cukup signifikan dan sudah mulai dikelola.

Objek wisata

Candi Borobudur dan Prambanan merupakan ikon Jawa Tengah. Disamping itu ada juga beberapa gunung historikal yang wajib Anda ketahui yaitu gunung Merbabu dan gunung Slamet.

Ada juga wisata pantai seperti pantai Teluk Penyu di cilacap, yang siap ditelusuri dan rasakan sendiri sensasinya.

Sudah puas menjelajahi Peta Pulau Jawa melalui informasi di atas? Masih banyak hal luar biasa yang dimiliki pulau yang ditemukan di awal abad 19 ini.

Pertumbuhannya juga cenderung terus meningkat, sebab Jawa adalah primadona untuk dijadikan tempat tinggal dan mencari nafkah, tak salah jika tiap tahun aka nada warga baru yang mencoba peruntungannya disini.

Bagaimana dengan Anda?

Peta Wilayah Administrasi Pulau Jawa

Peta Wilayah Administrasi Pulau Jawa
Peta Wilayah Administrasi Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa Terbaru

Peta Pulau Jawa Terbaru
Peta Pulau Jawa Terbaru

Peta Pulau Jawa Lengkap

Peta Pulau Jawa Lengkap
Peta Pulau Jawa Lengkap

Peta Pulau Jawa HD

Peta Pulau Jawa HD
Peta Pulau Jawa HD

Peta Pulau Jawa Kualitas Tinggi

Peta Pulau Jawa Kualitas Tinggi
Peta Pulau Jawa Kualitas Tinggi

Peta Buta Pulau Jawa

Peta Buta Pulau Jawa
Peta Buta Pulau Jawa

Gambar Peta Pulau Jawa

Gambar Peta Pulau Jawa
Gambar Peta Pulau Jawa

Gambar Peta Buta Pulau Jawa

Gambar Peta Buta Pulau Jawa
Gambar Peta Buta Pulau Jawa

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.