Gambar Peta Jakarta Lengkap dan Letak Geografi Jakarta

Apa yang terfikir oleh Anda saat ditanya soal Jakarta? Kebanyakan pasti menjawab macet dan polusi.

Tapi dibalik itu, jika dilihat dari Peta Jakarta banyak hal yang perlu diketahui.

Pasalnya, daerah yang diapit Jawa Barat dan Banten ini merupakan pusat perekonomian Indonesia, dimana 70 persen uang berputar di wilayah ini, dan tentunya sebagai pusat berbagai aspek pembangunan.

Baca Juga : 100 Peta Indonesia, dari Pulau Jawa ke Pulau Papua

Sebagai Ibukota Negara, luasnya memang hanya 661,52 kilometer persegi, fair rasanya jika disana semua perkantoran pusat berada, kantor perwakilan negara lain, hingga pusat pengelolaan berbagai perusahaan besar.

Dengan jumlah penduduk sekitar 10,3 juta jiwa, dan pertumbuhan penduduk pertahunnya mencapai 1.09 persen.

Daftar Nama Kabupaten dan Kota di DKI Jakarta

Kabupaten / KotaPusat PemerintahanLuas Wilayah
Kabupaten Kep. SeribuPulau Pramuka10,18 km2
Kota Jakarta BaratKembangan124,44 km2
Kota Jakarta PusatMenteng52,38 km2
Kota Jakarta SelatanKebayoran Baru154,32 km2
Kota Jakarta TimurCakung182,70 km2
Kota Jakarta UtaraKoja139,99 km2

Peta Jakarta Utara

Dahulu, Jakarta Utara merupakan sentral pemerintahan di daerah Jakarta, makanya kawasan Kota Tua terdapat disini. Luasnya 146,66 kilometer persegi, dengan penduduk 1,7 juta jiwa.

Baca Juga :   Gambar Peta Indonesia 34 Provinsi Skala 1:5.000.000

Di daerah ini juga terletak dua pelabuhan besar yaitu Tanjung Priok dan Sunda Kelapa. Soal pembagian pemerintahan daerah, tercatat enam kecamatan serta 31 kelurahan yang tersebar merata.

Bagaimana ciri khasnya?

Geografis

Bagian Barat berbatasan dengan Provinsi Banten, Timur dan Utara Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Bekasi, dan Kepulauan Seribu. Serta Selatan dengan Jakarta Barat, Pusat dan Timur.

Ekonomi

Pertumbuhan kinerja ekonomi daerah ini mencapai 5,80 persen pada beberapa tahun terakhir. Dengan salah satu sumbernya adalah real estate dan perdagangan industri.

Hal ini cukup membanggakan, seperti yang dilakukan kawasan lain seperti Bandung yang juga melakukan kondisi serupa.

Iklim

Dikarenakan ketinggian dari permukaan laut maksimalnya 2 meter, serta curah hujan yang relatif tinggi dan merupakan muara 13 sungai, maka kawasan ini sangat sering dilanda banjir.

Baca Juga : 5 Peta Sulawesi Berdasarkan Wilayah

Wisata

Daerah wisata yang sering dikunjungi di Jakarta Utara adalah Taman Impian Jaya Ancol, Kampung Luar Batang yang dipercaya sebagai lokasi tertua di Utara Jakarta.

Peta Jakarta Pusat

Gambar Peta Jakarta Pusat
Gambar Peta Jakarta Pusat (Image Source: Qsl.net)

Berada di jantung Jakarta, daerah ini memiliki luas 48,13 kilometer persegi. Jumlah penduduk terbarunya mencapai 921.344 jiwa sesuai sensus 2017.

Kota yang dipimpin Bayu Meghantara ini juga merupakan peninggalan masa lalu dan menjadi kawasan terkecil dari seluruh kota Administratif di DKI Jakarta. Jumlah kecamatannya ada delapan dengan 44 kelurahan.

Geografi

Ditilik dari segi geografis, kota ini berbatasan dengan Jakarta Utara di bagian Barat, Jakarta Selatan di Bagian Selatannya, Jakarta Timur di Timurnya. Secara umum berada di dataran rendah

Baca Juga : 18 Peta Jawa Barat, dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi kota ini cukup tinggi dari tahun ke tahun, yaitu mencapai 6,60 persen. Sektor keuangan dan asuransi merupakan penyumbang keuangan terbesar, diikuti jasa informasi dan komunikasi.

Baca Juga :   Gambar Peta ASEAN HD dan Arti Lambang ASEAN

Iklim

Hampir sama dengan kota lain di DKI Jakarta, iklimnya termasuk panas, namun jika curah hujan tinggi, banjir beberapa kali menjadi momok yang menakutkan bagi para penduduknya.

Lihat Peta Jakarta di Google Maps

Peta Jakarta Timur

Gambar Peta Jakarta Timur
Gambar Peta Jakarta Timur (Image Source: Qsl.net)

Kota administrasi dengan pusat kegiatan di daerah Cakung ini, memiliki luas 188,03 kilometer persegi. Jumlah penduduknya mencapai 2,89 juta jiwa, dengan kepadatan 15 ribu jiwa permeter perseginya.

Memiliki 10 kecamatan dan 65 kelurahan, daerah ini termasuk yang cukup aktif dalam menyumbangkan berbagai devisa bagi DKI Jakarta.

Baca Juga : Mengenal Peta Asia, dari Asia Pasifik ke Asia Tenggara

Geografis

Jakarta Utara dan Jakarta Pusat berada di Utara daerah ini, sedangkan berdasarkan Peta Jakarta bagian timurnya berbatasan dengan Kota Bekasi Jawa Barat, Selatan dengan Kabupaten Bogor serta Baratnya berbatasan dengan Jakarta Selatan.

Ekonomi

Ada beberapa kawasan ekonomi di daerah ini seperti Klender sebagai sentra meubel, Pulogadung sebagai sentra industri kecil, sentra beras terdapat di Cipinang dengan omzet hingga 28 miliar perharinya.

Iklim

Panas dan curah hujan yang cukup tinggi menjadikan kawasan ini juga termasuk rawan banjir. Tercatat ada 13 titik rawan banjir diantaranya Pinang Ranti, Kebon Manggis, Matraman, dan Cakung dan sekitarnya,

Peta Jakarta Barat

Gambar Peta Jakarta Barat
Gambar Peta Jakarta Barat (Image Source: Qsl.net)

Didominasi oleh suku Betawi sebesar 29 persen, kota ini memiliki luas 129,54 km dengan total penduduk mencapai 2,5 juta jiwa.

Beribukota di Kembangan, Jakarta Barat memiliki beberapa ikon wisata seperti Museum Sejarah Gedung Balaikota, dan kawasan Pecinan di daerah Glodok.

Baca Juga : Apa itu Peta Topografi? Berikut Pengertian dan Penjelasan

Masjid Tua kaya sejarah juga tersebar di kawasan ini, sebagai bukti perjuangan di masa penjajahan Belanda.

Baca Juga :   Gempa Bumi: Pengertian, Penyebab, Jenis dan Penanganan

Geografis

Bagian arah Barat kawasan ini berbatasan dengan Kota Tangerang, sedangkan Utara dan Timurnya dengan Jakarta Utara dan Jakarta pusat. Sedangkan bagian Selatan berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan.

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi kawasan ini selalu bertumbuh, terutama pada sektor bisnis.

Alasannya karena banyak kawasan bebas hambatan yang membuat daerah ini lebih terbuka untuk bisnis baru, akses bandara yang dekat, serta hunian kelas menengah atas yang cukup banyak.

Tingkat pertumbuhan ekonominya mencapai 5 persen pertahunnya.

Iklim

Iklim di kawasan ini cenderung cepat berubah, dari kemarau ke musim hujan. Curah hujannya dinilai cukup tinggi.

Alhasil pemerintah daerahnya melakukan upaya preventif menghindari dampak buruk iklim, dengan penyuluhan di semua daerah melalui pembangunan kampung iklim sejak 2016 lalu.

Wisata

Salah satu ikon daerah ini adalah Jakarta Aquarium yang berisikan sekitar 600 satwa baik yang hidup di laut maupun di darat.

Selain itu ada juga Museum Bank Indonesia dan Jembatan Kota Intan.

Dari seluruh daerah yang tersebar di Indonesia Peta Jakarta memang selalu dibutuhkan. Alasannya karena kawasan ini memang menjanjikan untuk menjadi lokasi mengais rezeki.

Tak hanya itu semua kawasannyapun memiliki karakter yang unik, namun memang kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, mengingat Jakarta merupakan kawasan padat dengan berbagai sisi positif dan negatifnya.

Gambar Peta Jakarta Selatan

Gambar Peta Jakarta Selatan
Gambar Peta Jakarta Selatan (Image Source: Qsl.net)

Gambar Peta Jakarta Lengkap

Peta Jakarta Lengkap
Peta Jakarta Lengkap

Gambar Peta Seluruh Jakarta

Gambar Peta Seluruh Jakarta
Gambar Peta Seluruh Jakarta

Gambar Peta DKI Jakarta

Peta Jakarta
Peta Jakarta

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.