Gambar Peta Bali Kualitas Tinggi Skala 1:3.000.000

Siapa tak kenal Provinsi Bali, salah satu daerah di Indonesia yang sering disebut surganya wisata. Bahkan ketenarannya hingga ke mancanegara, terbukti dari banyaknya pelancong yang memilih Bali sebagai destinasi wisata.

Bagi Anda yang masih belum paham Peta Bali, dan semua seluk beluk di pulau Dewata ini, tak salah untuk menyimak informasi berikut.

Dari segi geografis, Pulau Bali diapit Pulau Jawa dan Lombok, dengan panjang 153 kilometer dan lebar 122 kilometer.

Provinsi yang mayoritas penduduknya berkisar 83,5 persen beragama Hindu ini memiliki delapan Kabupaten, Satu Kota, 55 Kecamatan serta 701 Kelurahan.

Dengan kawasan terpadat adalah Kota Denpasar, dan bahasa yang digunakan ada tiga, yaitu Bahasa Daerah, Indonesia dan Inggris.

Peta Bali Utara

Bali Utara merupakan salah satu kawasan yang cukup banyak memiliki daya tarik. Kabupaten di daerah ini adalah Buleleng yang memiliki delapan Kecamatan.

Ada beberapa karakteristik dari kawasan dengan luas 136,588 hektar ini, diantaranya wisata pantai, kesenian, karakter masyarakat, dan kekayaan alam yang hanya ada di sini.

Daerah Wisata

Berhubung sebagian besar daerahnya berupa pantai. Kawasan Bali Utara memiliki banyak wisata pantai, salah satu yang terkenal adalah Pantai Lovina yang identik dengan lumba-lumba.

Baca Juga : 7 Gambar Peta Jakarta Lengkap dan Letak Geografi Jakarta

Selain itu ada juga beberapa lokasi air terjun, dan pemandian air panas yang sering dikunjugi turis, baik domestic maupun dari luar negeri.

Baca Juga :   Peta Pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur)

Kesenian

Secara umum, kesenian di Bali kebanyakan berupa tarian dan drama. Di Bali Utara, kesenian yang terkenal adalah pementasan drama dengan ciri khas lebih modern ketimbang kawasan lain.

Seperti Tari Teruna yang memberikan warna beda karena memberikan pelajaran tentang kreativitas dan budaya terbuka pada modernisasi.

Karakter Masyarakat

Kalau Anda mendengar warga Bali yang berbicara agak keras, atau berteriak, maka mereka bisa dipastikan adalah warga dari kawasan Bali Utara.

Memang, kebanyakan warga berbicara keras, dan mereka bangga dengan kebiasaan tersebut. Berbeda dengan masyarakat Bagian Timur, atau bagian lainnya di Bali

Kekayaan Alam

Dari beberapa penelitian dan temuan, sesuai Peta Bali, daerah Utara terkenal dengan sejumlah produknya, salah satunya padi khas Buleleng.

Baca Juga : 18 Peta Jawa Barat, dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Tak hanya itu, gas biogenik juga ditemukan di daerah ini, dan dinilai menjadi salah satu potensi produk migas untuk jangka panjang, yang sudah diuji oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan.

Potensi Bahaya

Karena dilalui tiga lempeng yaitu Gerokgak, Seririt, dan Tejakula, maka berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah ini sangat rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

Antisipasinya terus dilakukan dengan berbagai penelitian dan penyuluhan dini tanggap bencana.

Source Wikipedia.org

Peta Bali Selatan

Peta Bali Selatan
Peta Bali Selatan

Berbeda dengan kawasan lainnya termasuk, Bali Selatan merupakan yang paling banyak penduduk dan pengunjungnya.

Karena terdiri dari Kota Denpasar dengan luas 127,78 km2, Kabupaten Badung 418,62 km2,Kabupaten Tabanan 1013, 18 km2 dengan berbagai kelebihan dan daya tarik.

Baca Juga : Peta Sulawesi 5 Provinsi Skala 1:3.000.000, Letak Geografi

Wajar jika kawasan ini dikatakan sebagai sentra Bali sebab disinilah pusat semua kegiatan dan destinasi wisata.

Baca Juga :   7 Proses Daur Air: Pengertian, Urutan, Penjelasan, Gambar

Daerah Wisata

Surganya wisata Bali ya di Bali Selatan. Karena disinilah hampir semua destinasi favorit turis berada. Sebut saja pantai Kuta yang jadi ikon provinsi ini, lalu Badung serta pastinya Kota Denpasar sebagai Ibukota Provinsi.

Kesenian

Kesenian di kawasan ini cenderung beragam, sebab terdapat sejumlah Kabupaten dan Kota di dalamnya. Baik itu tarian, hingga kesenian lukis dan ukir.

Kesenian tarian api yang sering disuguhkan di sejumlah cafe Legian dan beberapa daerah lainnya. Kulinernya juga sangat variatif.

Karakter Masyarakat

Lemah lembut dan penuh tata karma adalah symbol di kawasan ini. Wajar jika turis betah berlama-lama menghabiskan liburan mereka di kawasan ini. Saling menghargai dan suka menolong juga sangat identik di kawasan Selatan.

Baca Juga : Peta Indonesia 34 Provinsi Skala 1:5.000.000

Kekayaan Alam

Karena banyak pantai, maka kekayaan alam laut merupakan produk utama kawasan ini, terutama ikan, disamping berbagai flora dan fauna khasnya.

Potensi bahaya

Hampir sama dengan kawasan utara, Bali Selatan juga rentan mengalami gempa, tapi masih lebih aman untuk ditinggali. Baik di Badung, Denpasar, juga daerah lainnya di kawasan Selatan ini,

Cara Tepat Mengunjungi Bali

Dari penjabaran dua kawasan di atas tentunya bisa menjadi alasan Anda untuk mengunjungi daerah ini. Anda bisa memakai jalur darat bisa dengan bis, yang akan merapat di terminal Ubung.

Baca Juga : Mengenal Peta Asia, dari Asia Pasifik ke Asia Tenggara

Ada juga bis antar pulau. Sedangkan untuk jalur udara, Bali punya bandara internasional Yaitu Ngurah Rai, yang melayani rute domestic dan internasional.

Apakah Anda mau menempuh jalur laut? Ada Pelabuhan Gilimanuk yang menghubungan Bali dengan Banyuwangi.

Baca Juga :   Peta Sulawesi 5 Provinsi Skala 1:3.000.000 dan Letak Geografi

Lalu ada juga pelabuhan Padangbai yang menghubungan Bali dengan Pulau Lombok. Ketiga akses ini akan dilengkapi armada kapal yang sesuai, ada kapal kecil antar pulau, hingga kapal besar.

Kalau ditanya cara mana yang paling banyak dipilih pengunjung, jawabannya adalah jalur darat, yang dinilai lebih murah dan banyak pilihan kendaraan yang bisa digunakan.

Berkeliling Balipun dengan jalur darat sangat nyaman karena banyak pilihan jenis kendaraannya yang siap mengantar hingga daerah terjauh seperti Bedugul Canggu. Ada Sarbagita, komotra, hingga taksi online.

Baca Juga : Apa itu Peta Topografi? Berikut Pengertian dan Penjelasan

Demikianlah informasi seputar Peta Bali yang rugi untuk dilewatkan. Baik bagian utara maupun selatan,punya daya tarik yang pasti membuat Anda tak sabar untuk mengunjungi.

Begitu juga dengan bagian Barat dan Timur yang juga kaya kesenian dan kuliner. Sekarang saatnya Anda memilih jadwal libur dan pastikan menikmati Bali dengan segala keindahannya.

Logo Provinsi Bali (Logo Bali)

Lambang Provinsi Bali
Logo Provinsi Bali (Logo Bali)

Daftar Nama Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali

Nama KabupatenIbu kotaLuas Wilayah
BadungMangupura418,62 km2
BangliBangli490,71 km2
BulelengSingaraja1364,73 km2
GianyarGianyar368 km2
JembranaNegara841,8 km2
KarangasemAmlapura839,54 km2
KlungkungSemarapura315 km2
TabananTabanan1013,88 km2
Kota DenpasarDenpasar127,78 km2
Gambar Peta Provinsi Bali
Gambar Peta Provinsi Bali

 

Gambar Peta Buta Bali
Gambar Peta Buta Bali

 

Gambar Peta Bali Terbar
Gambar Peta Bali Terbaru

 

Gambar Peta Bali Baru
Gambar Peta Bali Baru

 

Gambar Peta Bali
Gambar Peta Bali

 

Peta Bali Lengkap
Peta Bali Lengkap

 

Peta Bali Lama
Peta Bali Lama

 

Peta Bali HD
Peta Bali HD

 

Peta Buta Bali
Peta Buta Bali

 

Peta Administrasi Bali
Peta Administrasi Bali

 

Peta Buta Bali
Peta Buta Bali

 

Peta Bali Terbaru
Peta Bali Terbaru

 

Peta Bali Sederhana
Peta Bali Sederhana

 

Peta Bali Lengkap Terbaru
Peta Bali Lengkap Terbaru

 

Peta Topografi Provinsi Bali
Peta Topografi Provinsi Bali

 

Peta Topografi Bali
Peta Topografi Bali

 

Peta Provinsi Bali
Peta Provinsi Bali

 

Peta Geografi Bali
Peta Geografi Bali

 

Peta Wisata Bali
Peta Wisata Bali

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.