Gambar Peta Asia Terbaru (Asia Tenggara dan Asia Pasifik)

Perlu untuk anda ketahui bahwa, Indonesia itu sendiri memang diapit oleh dua samudera, yakni samudera pasifik dan samudera hindia.

Yang membuatnya memasuki beberapa wilayah, termasuk untuk wilayah di Asia tenggara, dan di Asia Pasifik yang akan dibahas kali ini.

Dengan demikian, anda juga harus tahu bahwa, mempelajari peta Asia merupakan suatu hal yang penting, agar anda lebih memahami kondisinya.

Jika anda memang belum begitu memahami tentang beberapa keadaan alam, di berbagai negara Asia Tenggara dan negara di Asia Pasifik, maka penjelasan ini akan sangat berguna bagi anda.

Saat ini memang keadaan alam untuk beberapa negara di Asia Tenggara cenderung sama saja, hanya untuk beberapa negara di Asia Pasifik itu sendiri memang memiliki kontur, iklim, dan geografis yang berbeda.

Peta Asia Pasifik

Untuk yang pertama adalah mengenai penjelasan tentang Asia Pasifik, untuk wilayah yang satu ini memang mencakup pesisir pantai di Asia Timur, Tenggara, Australia, dan negara yang berada di laut Pasifik atau Oceania.

Jaman dulu wilayah ini memang asalnya masih kosong, yang kemudian mulai padat pada tahun 1980 dengan besarnya pertumbuhan ekonomi, dalam bidang saham dan perdagangan ini. Berikut beberapa penjelasan, tentang beberapa negara yang ada di Asia Pasifik:

1. Australia

Peta Australia
Peta Australia

Negara ini memang tergabung dalam wilayah Asia Pasifik, dengan belahan pulau di negara ini yang berbatasan dengan samudera pasifik dan hindia, sehingga membuatnya tergabung menjadi bagian dari negara Pasifik.

Baca Juga :   Peta Jawa Timur Skala 1:700.000 beserta 38 Kabupaten

Baca Juga : Apa itu Peta Topografi? Berikut Pengertian dan Penjelasan

Luas daratannya sekitar 7.617.930 km2, yang berada diatas lempeng Indo-Australia, dan terletak diantara 9LS-44LS-112BT-154BT, dengan kepadatan penduduk 2,8 jiwa per kilometer persegi.

2. Bangladesh

Peta Bangladesh
Peta Bangladesh

Negara ini mempunyai nama dengan sebutan Republik Rakyat Bangladesh, yang menjadi negara di Asia Selatan, berbatasan langsung dengan India di barat, utara, dan timur, juga dengan Myanmar di Tenggara, untuk bagian selatan berbatasan dengan Teluk Benggala.

Luas dari negara ini sekitar 147.570 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk yang lumayan padat sekitar 164,7 juta penduduk di tahun 2017.

3. China

Peta China
Peta China

China memang sering disebut dengan nama Republik Rakyat Tiongkok, yang membuatnya menjadi negara dengan kepadatan penduduk terbesar di dunia, jumlahnya saja sekitar 1,4 miliar jiwa.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu anda perlu tahu, bahwa luas wilayahnya mencakup sekitar 9,69 juta kilometer persegi, yang menjadikannya sebagai negara terbesar ke-3 di dunia setelah negara Rusia dan negara Kanada.

4. India

Peta India
Peta India

Negara India yang berlokasi di Asia ini, memiliki jumlah penduduk yang terhitung sangat padat, yang menjadikannya memiliki penduduk terbanyak kedua di dunia.

Bahkan sampai beberapa waktu terakhir saja, jumlah populasinya mencapai lebih dari satu miliar jiwa.

Negara ini menjadi negara terbesar ke tujuh, dari wilayah geografis yang dimilikinya.

Dengan iklim tropis yang dimilikinya, menjadikan negara ini subur.

5. Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Indonesia memang sudah lama terkenal sebagai negara kepulauan terluas di dunia, dimana anda akan menemukan negara dengan luas wilayah sekitar 1.905 juta kilometer persegi.

Baca Juga : 100 Peta Indonesia, dari Pulau Jawa ke Pulau Papua

Negara ini terletak diantara dua samudera yakni samudera Hindia dan samudera Pasifik, dengan lokasi 6LU-11LS-95BT-141BT.

Baca Juga :   7 Proses Daur Air: Pengertian, Urutan, Penjelasan, Gambar

Negara ini juga memiliki iklim tropis, dengan banyaknya dataran tinggi sehingga membuatnya subur.

Peta Asia Tenggara

Selain negara di Asia Pasifik, anda juga harus tahu bahwa ada negara yang tergabung dalam wilayah di Asia Tenggara.

Apalagi Indonesia memang termasuk juga, kedalam benua Asia Tenggara ini dengan beberapa negara lainnya yang tergabung.

Sebuah kawasan yang berada di bagian Asia Tenggara ini, mencakup kawasan Indochina, dan Semenanjung Malaya, berikut beberapa negara yang tergabung dalam Negara di Asia Tenggara yang kebanyakan beriklim tropis:

1. Filipina

Peta Filipina
Peta Filipina

Negara yang termasuk kedalam bagian dari Asia Tenggara ini, menjadi negara yang penting untuk dipelajari pada peta Asia.

Dengan memiliki 7.107 pulau, negara ini juga memiliki luas dengan total sekitar 343.448 kilometer persegi.

Juga negara ini memiliki lokasi sekitar 116,40-126,34 BT, dan 4,40-21,10 LU, negara ini memang beriklim tropis, dengan jumlah penduduk sekitar 105,9 juta jiwa pada tahun 2017.

2. Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Sudah jelas jika anda memang sudah mengenal negara ini, bahkan untuk melihatnya dari bendera saja anda sudah bisa mengenalnya.

Selain tergabung dengan negara Asia Pasifik, Indonesia juga tergabung dengan Negara Asia Tenggara.

Luas wilayahnya mencapai 1.905 juta kilometer persegi, dengan diapit oleh dua samudera Hindia dan Pasifik ini, dengan lokasi yang bisa ditemukan dengan 6LU-11LS-95BT-141BT.

3. Malaysia

Peta Malaysia
Peta Malaysia

Salah satu negara yang bertetangga dengan Indonesia ini, merupakan negara federal di Asia Tenggara, dengan luas wilayah mencapai 329.487 kilometer persegi.

Anda harus tahu bahwa negara ini juga memiliki penduduk yang cukup banyak, yakni dengan jumlah penduduk sekitar 30.697.000 jiwa pada tahun 2015.

Baca Juga : 5 Peta Sulawesi Berdasarkan Wilayah

Tidak heran jika negara ini menjadi negara dengan penduduk terbanyak ke-49, dengan negara terluas.

Baca Juga :   Peta Jawa Barat, dari Kota Banten ke Kota Bekasi

Lihat Peta Asia di Peta.org

4. Singapura

Peta Singapura
Peta Singapura

Negara Singapura memang sering dinobatkan sebagai, salah satu negara termaju yang ada di Asia Tenggara, tidak heran jika ia menjadi pusat ekonominya negara bagian wilayah Asia Tenggara.

Untuk luasnya, sebenarnya negara ini memang dipenuhi oleh lautan. Daratan Singapura meluas dari 581,5 kilometer persegi, dan akan diperluas kambeli hingga mencapai 100 kilometer persegi pada 2030

Gambar Peta Asia HD

Gambar Peta Asia
Gambar Peta Asia

Peta Central Asia

Peta Central Asia

Peta Asia Hitam Putih

Peta Asia Hitam Putih
Peta Asia Hitam Putih

Peta Asia Lengkap

Peta Asia Lengkap
Peta Asia Lengkap

Peta Benua Asia HD

Peta Benua Asia HD

Dengan mengetahui peta Asia, anda bisa menjadi lebih paham mengenai batas wilayah pada setiap negaranya, yang membantu anda untuk mengetahui juga karakteristiknya.

Dengan demikian anda bisa menjadi lebih paham, apa yang menjadi ciri dari beberapa negara tersebut, sehingga membuatnya menjadi negara yang termasuk kedalam bagian Asia Pasifik dan Asia Tenggara.

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.