Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis dan Struktur

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari artikel atau membeli buku tentang cara apa saja seperti cara menggunakan komputer, cara memasak, resep masakan, cara merawat kulit dan sebagainya.

Tahukah Anda, teks prosedur tidak jauh dengan buku atau artikel yang memiliki kategori tentang cara, tutorial, tips atau sejenisnya.

Pada buku atau artikel tersebut terdapat langkah-langkah yang ditulis secara berurutan, tujuannya memudahkan para pembaca dalam mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan hasil akhirnya sesuai dengan keinginan pembacanya.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur
Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan sebuah teks yang berisi tentang cara, tujuannya untuk membuat atau melakukan hal yang berupa langkah demi langkah yang tepat secara berurutan dan menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Dengan langkah-langkah yang terdapat pada teks ini, maka memudahkan para pembacanya dalam mengikuti tutorial yang disediakan.

Teks ini biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung tips, tutorial, cara, langkah-langkah untuk suatu tujuan tertentu.

Di dalam teks ini terdapat kata perintah atau kata imperative untuk melakukan segala sesuatu yang dibahas pada teks, supaya pembaca dapat melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Misalnya Anda sedang mencari tulisan mengenai cara merawat kulit yang benar di internet, maka pada teks tersebut akan ada langkah-langkah atau cara merawat wajah yang benar agar menghasilkan kulit sehat dan segar seperti yang Anda inginkan.

Baca Juga :   Paragraf Deduktif: Pengertian, Ciri, Struktur dan 5 Contoh

Cara yang disajikan berupa langkah demi langkah dan ditulis secara berurutan supaya si pembaca bisa mengikuti tutorial yang disajikan.

Baca Juga : Kalimat Pasif: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh

Pada teks ini, biasanya isi tulisannya selalu berhubungan dengan langkah awal hingga akhir dan disetiap isi teks terdapat keterangan-keterangan supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Tujuan dari Teks Prosedur

Tujuan Teks Prosedur
Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari teks prosedur yaitu untuk memudahkan para pembaca maupun pendengar agar lebih mudah dalam mengikuti langkah atau perintah isi teks dengan tujuan akhirnya bisa sesuai dengan keinginan pendengar atau pembaca.

Jadi dalam teks ini menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan oleh pendengar atau pembaca, agar dapat melakukan secara tepat dan akurat untuk mengikuti suatu proses dalam membuat sesuatu, maeakukan suatu pekerjaan tertentu atau bagaimana cara menggunakan suatu alat.

Baca Juga : Paragraf Deduktif: Pengertian, Ciri, Struktur dan 5 Contoh

Ciri-ciri dari Teks Prosedur

Ciri-ciri Teks Prosedur
Ciri-ciri Teks Prosedur
  • Memiliki tujuan, isi berupa langkah-langkah atau cara dan penutup.
  • Menggunakan kalimat perintah atau kalimat imperatif sehingga pembaca dapat mengikuti apa yang diperintahkan dalam sebuah teks yang ditulis.
  • Menggunakan kalimat penghubung antara kalimat yang satu dengan kalimat lain, sehingga teks dari awal hingga akhir saling terkait.
  • Menerapkan jenis kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
  • Memanfaatkan kalimat saran dan juga kalimat larangan.
  • Teks berisi langkah-langkah atau cara yang ditulis secara terperinci.
  • Teks berupa pemberian informasi yang lengkap.
  • Menggunakan kata keterangan, kriteria dan batasan tertentu.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Jenis Teks Prosedur
Jenis Teks Prosedur

Dari sekian banyaknya pembahasan teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia, pasti memiliki jenis-jenisnya, baik dalam pembahasan teks anekdot, teks eksposisi ataupun jenis teks-teks yang lainnya.

Baca Juga : Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh

Begitupun dengan teks prosedur, teks ini memiliki tiga jenis pembagian yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol.

Baca Juga :   Majas Eufemisme: Pengertian, Fungsi dan 25+ Contohnya

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Teks Sederhana

Jenis teks ini hanya menjelaskan mengenai suatu proses atau langkah yang bisa dilakukan hanya dengan dua atau tiga langkah saja. Pada intinya, di dalam teks ini peorsedur yang akan dilakukan sangat sedikit. Contohnya, prosedur mengoperasikan laptop.

2. Teks Komplek

Jenis teks ini terdapat sedikit perbedaan dengan teks yang di atas. Teks ini berisikan lebih banyak proses atau langkah yang harus dilakukan. Contohnya, cara membuat Surat Izin Mengemudi dan sebagainya.

Baca Juga : Teks Eksplanasi: Pengertian, Tujuan, Ciri, Sturktur dan Contoh

3. Teks Protokol

Teks ini memiliki sifat fleksibel pada bagian isinya, maksudnya langkah-langkah yang dilakukan tidak diwajibkan sama persis seperti yang dicontohkan. Misalnya teks bagian A seharusnya dimasukkan pada urutan di nomor 3.

Namun Anda dapat memasukkannya pada urutan yang ke-2. Contohnya saja, teks cara untuk membuat mie instan berikut ini.

  • Rebus mie instan dengan air yang sudah mendidih.
  • Setelah mie matang, tiriskan mie dan buang air bekas rebusan.
  • Setelah ditiriskan, tuang ke dalam mangkon dan siram dengan air panas yang baru sebagai kuahnya.
  • Masukkan bumbu-bumbunya.
  • Mie rebus siap untuk dinikmati.

Struktur Dalam Penulisan Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur
Struktur Teks Prosedur

Dalam teks ini memiliki 3 bagian diantaranya adalah tujuan, material dan yang terakhir yaitu langkah-langkah atau cara-cara.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Tujuan

Pada bagian tujuan, biasanya berupa judul atau topik dari suatu pembahasan, namun ada juga yang berisi mengenai bagian hasil akhir yang akan diperoleh ketika mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut.

Material

Pada bagian ini terdapat bahan-bahan atau materi yang dibutuhkan, apabila teksnya berisi tentang pembuatan sesuatu, maka sudah pasti membutuhkan bahan-bahan atau materi untuk membantu membuat langkah-langkahnya.

Baca Juga :   Kata Serapan: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh

Baca Juga : Frasa: Pengertian, Ciri-ciri, Kategori, Jenis dan Contoh

Langkah-Langkah

Bagian ini membahas mengenai materi inti yaitu langkah-langkah kegiatan materi yang harus diikuti untuk mewujudkan hasil akhir yaitu tujuan dan manfaatnya yang ditulis secara berurutan.

Download Makalah Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur
Kebahasaan Teks Prosedur

Kebahasaan teks ini sama halnya dengan teks lainnya, di dalam teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan tersebut diantaranya:

Konjungsi Temporal

Di dalam teks ini banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung. Biasanya digunakan untuk menyatakan waktu kegiatan dan bersifat kronologis, contohnya kata kemudian, selanjutnya, berikutnya lalu dan setelah itu.

Baca Juga : Konjungsi: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh Konjungsi

Kata Kerja Imperatif

Pada teks ini banyak ditemukan adanya kalimat perintah atau kalimat imperatif dan juga kalimat larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan hal yang ditulis pada teks ini.

Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material yaitu lebih fokus terhadap suatu tindakan fisik, misalnya menghaluskan bumbu, memotong sayuran dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan menggunakan suatu ungkapan.

Partisipan Manusia

Pada partisipan manusia ini, maka hanya manusia saja yang menjalankan panduan teks yang ditulis. Cara penulisan teks, biasanya ada bilangan sebagai penanda untuk urutan teks, terdapat kalimat introgatif atau kalimat pertanyaan dan yang terakhir yaitu terdapat kalimat deklaratif maupun kalimat yang berisi pertanyaan.

Dari pembahasan mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis-jenis, struktur penulisan dan kebahasaan teks prosedur di atas, semoga dapat menambah pengetahuan Anda, sehingga Anda dapat membedakan antara teks ini dengan jenis teks yang lainnya.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.