Seni Rupa Murni: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Sudah banyak hasil dari buatan tangan dengan bentuk keindahannya dimiliki oleh setip orang. Selain itu juga anda bisa menggunakannya di dalam ruangan rumah.

Seni rupa murni merupakan hasil karya seni yang dibuat oleh seseorang yang berprofesi sebagai seniman dan memiliki keasrian. Saat ini kebanyakan seni rupa mudah anda temui pada bentuk – bentuk yang berbentuk simbol saja.

Hasil dari bentuk seni rupa juga juga merupakan salah satu bentuk yang dibuat dengan sengaja untuk membantu manusia. Dalam hasilnya juga dapat menjadi bahan pertimbangan apabila seni rupa biasa bisa anda temukan di tempat lain dan bernilai tinggi rendahnya dilihat dari nilai fokus pada sebuah hasil. Biasanya hasil karyanya mengutamakan keamanan dan kenyamanan, serta makna di dalamnya.

Jenis Seni Rupa Murni

Jenis Seni Rupa Murni (Image Source: Pixabay.com)

1. Seni Lukis

Banyak dari sebagian orang yang mengenai seni lukis dan tidak sedikit juga yang menggemarinya. Hal ini menimbulkan kesenangan sendiri karena hasil yang telah mereka buat bisa di koleksi sendiri dalam bentuk lukisan.

Bentuk akhir ini sendiri juga merupakan hasil seni yang berupa tampilan yang memiliki nilai estetika. Dalam seni lukis anda bisa mendalami hal ini untuk bisa menciptakan lukisan yang indah.

Seni ini juga merupakan bagian yang termasuk dalam pengertian seni rupa yang sama. Dan juga ada pengkhususan dalam seni lukis, yaitu menggambar dan mengemban.

Melukis sendiri merupakan serangkaian aktivitas rekayasa dalam mengolah media dua dimensi atau tiga dimensi yang menjadikannya terlihat berkesan dan memiliki nilai. Seni ini juga lebih utuh kepada seni menggambar.

Dalam melukis adalah sebuah kegiatan yang bermodalkan kertas, kanvas,papan dan juga fotografi. Alat yang digunakan juga semacam asal selama mampu memberikan anda imajinasi tertentu pada media yang anda gunakan.

Dengan melukis juga adalah sesuatu yang tidak hanya menyenangkan tapi jugabik, serta memiliki daya yang kuat untuk membangkitkan perasaan dan jiwa di dalam seseorang.

2. Seni Grafis

Mungkin tidak sepopuler seni musik dan juga seni tari, tapi di zaman sekarang seni ini sudah banyak yang menyukai. Khususnya di Indonesia yang memiliki cabang grafis ini yang sudah mulai digandrungi oleh anak muda.

Semakin bagus hasil yang dihasilkan jika seni yang dibuat oleh orang – orang memaksimalkan tingkat kreatif mereka. Hal ini juga menjanjikan dari segi ekonomi dan finansial.

Cabang seni ini merupakan karya dari seni rupa dua dimensi yang pemuatannta harus melalui beberapa proses teknik cetak.

Istilah ini terbentuk dari dari bahasa Inggris yang berawal dari graphic yang berarti bisa tulisan, gambar, dan juga gambar yang dibuat dengan cara menorekan garis atau objek dalam bentuk lain. grafis juga bisa diartikan sebagai gambaran nyata meskipun seni ini membutuhkan wadah.

Seni grafis terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya cetak tinggi yang proses pembuatannya melalui tahap cetakan, kemudian dicukil sehingga bagian permukaannya menjadi lebih tinggi dan rendah, atau biasa disebut relief.

Ada juga cetak saring, saat ini lebih dikenal dengan screen printing dengan metode bahan kain yang dilapisi dengan bahan yang peka cahaya, bisa juga disebut sablon.

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni
Fungsi Seni Rupa Murni (Image Source: Pixabay.com)

1. Untuk memperindah suatu media

Salah satu jenis seni rupa dari ini adalah menonjolkan sisi keindahan pada sebuah media yang awalnya terlihat biasa saja, namun terlihat bagus ketika di akhir.

Sebagai contoh ketika ada kertas putih yang masih bersih dan polos yang nampak tidak menarik, kemudian anda gambarkan di atasnya sebuah objek yang memiliki arti dan makna sehingga memiliki keindahan sendiri dan juga memiliki nilai jual.

2. Menyalurkan kreativitas

Selanjutnya adalah untuk menyalurkan kreativitas bagi seorang seniman. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki pemikiran dan akal dengan tingkat kreativitas yang tidak terbatas.

Sehingga akan lebih membutuhkan sebuah tempat untuk disalurkan untuk menuangkan imajinasi pada setiap orang. Di dalam kreativitas itu pasti tersimpan sebuah keindahan yang bisa dinikmati banyak orang.

3. Menyampaikan pesan penting

Memang tidak sama dengan jenis seni rupa terapan yang biasa digunakan oleh banyak orang saat ini, tapi kelebihan lain dari seni rupa asli ini adalah mampu menyampaikan pendapat dan pesan penting.

Pesan yang dimaksud disini adalah sebuah aspirasi dari seorang seniman yang dituliskan dalam bentuk sebuah gambar atau objek yang memiliki arti yang bisa langsung tersampaikan atau secara tersirat.

4. Memuaskan batin

Seni rupa baik itu grafis atau pun lukisan tentu mampu untuk memuaskan batin baik itu dari sisi seniman, maupun dari yang menikmatinya.

Hasil dari lukisan ini memiliki nilai budaya yang di apresiasikan pola sikap dengan media garis maupun titik dengan bentuk cokrak, dan tekstur yang tingkat gelap terang pada sebuah objek. Memiliki keistimewaan dan identitasnya masing – masing.

Contoh Seni Rupa Murni

1. Lukisan

Lukisan
Seni Lukis (Image Source: Pixabay.com)

Memiliki beragam pedoman yang memiliki manfaat sama saja. Selain itu juga hanya sekadar pajangan untuk mempercantik ruangan.

2. Patung

Seni Patung
Seni Patung (Image Source: Pixabay.com)

Patung memiliki nilai estetika dan juga memiliki identitas dari sebuah lokasi. Tidak heran juga jika patung biasa dijadikan sebagai maskot sebuah wilayah.

3. Karikatur

Karikatur
Seni Karikatur (Image SOurce: Pixabay.com)

Hasil ini bisa di bilang hasil karya seni karena mengalami perkembangan yang luar biasa, khususnya di Indonesia.

Tidak hanya memiliki bentuk yang bagus, tetapi juga memiliki bentuk yang dikenal secara umum dan menimbulkan kelucuan tersendiri bagi pihak subjeknya sendiri. biasanya karikatur membentuk sebuah cerita yang biasa dilakukan oleh subjek, contohnya di dalam kartun editorial.

Lihat pembahasan serupa di Wikipedia

4. Kaligrafi

Seni Kaligrafi
Seni Kaligrafi (Image Source: Pixabay.com)

Adalah salah satu hasil seni rupa asli yang menggunakan konsep arsitektur rohani yang tampak dalam bentuk visual, khususnya tulisan.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa kaligrafi ini memberikan dampak ketenangan dan kehalusan untuk jiwa maupun rohani seorang umat yang memiliki agama.

Tidak hanya untuk memberikan wadah untuk menyalurkan hobi, tetapi juga dengan menjadi seniman bisa menjadi profesi di bidang seni rupa murni yang menjanjikan dengan keahlian di bidang seni masing – masing.

Selain itu juga seni rupa murni memiliki Kawasan yang berkutat di bidang seni akan lebih mengetahui selera masyarakat.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.