Mengenal Jihad: Pengertian, Manfaat dan Syarat Jihad

Bagi sebagian orang termasuk anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata jihad. Kata ini sering di konotasikan dengan hal – hal yang berhubungan dengan terorisme. Tapi ini merupakan kesalahpahaman dalam pengartian dari maknanya itu sendiri.

Dalam bahasa arab sendiri memiliki arti berjuang dengan bersungguh – sungguh dan memenuhi syariat islam yang berlaku dan berjalan.

Pada intinya aktivitas yang membela agama islam ini merupakan sebuah kondisi yang memperjuangkan hukum silam yang sangat penting bagi seluruh umat manusia yang hidup.

Kegiatan ini selalu menggunakan cara menyebar luaskan nilai – nilai yang terkandung dalam Al – Quran sebagai pedoman hidup umat muslim. Selain itu juga dengan berdakwah dan memberikan pengajaran sesuai.

Mengenal Jihad

Pengertian jihad
Mengenal Jihad (Image Source: Pixabay.com)

Jihad berasal dari kata Al Jahd yang bermakna kesusahan dan kelelahan dari kemampuan yang dimiliki setiap orang.

Selain itu juga jihad bisa diartikan sebagai sebuah usaha atau perjuangan kerang yang bisa berarti perjuangan menggunakan senjata maupun tangan kosong saat melawan kaum penindas. Dalam makna yang sama bisa diartikan sebagai perjuangan spiritual dari perbuatan jahat.

Karena manusia memiliki hawa nafsu yang condong akan kemewahan dan juga popularitas. Nafsu ini yang akan menurunkan derajat manusia sebagai makhluk tuhan yang paling mulia menjadi makhluk yang mudah dihina.

Baca Juga :   Wanita Sholeha (Wanita Idaman): Alasan, Sifat dan Ciri-ciri

Banyak manusia yang tenggelam dalam kenikmatan dunia karena dorongan dari hawa nafsu ini. Dengan hawa nafsu ini juga manusia akan mudah berkelahi hingga saling membunuh.

Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa berjuang melawan hawa nafsu merupakan bagian yang paling besar.

Aktivitas berjuang ini bisa anda mulai dari diri sendiri anda ketika dihadapkan dengan sebuah pilihan yang bisa berdampak baik dan juga buruk. Anda bisa mencari menggunakan petunjuk dari kebenarannya. Setelah itu anda bisa mengamalkannya kepada orang lain.

Selain berbuat amal, perjuangan bisa dilakukan dengan menanggung risiko yang akan anda hadapi ketika dengan berdakwah.

Dalam hal ini tuhan telah menjelaskan bahwa ilmu tidak boleh disembunyikan dan juga merealisasikan Tauhid yang ada dan beribadah secara ikhlas. Dianjurkan untuk menjauhi segala hal yang diharamkan dan segerakan dalam hal – hal di bidang kebaikan.

Manfaat Jihad

Manfaat Jihad
Manfaat Jihad

1. Menyebar Kebaikan

Fungsi utama dari perjuangan ini adalah menyebarkan kebaikan yang diajarkan oleh agama kepada masyarakat luas. Cara ini memiliki metode dengan berdakwah dan mengajar.

Segala sesuatu memiliki hal yang menyangkut dengan kebaikan yang tersebar dan dipahami oleh banyak orang islam.

2. Meninggalkan Kemaksiatan

Segala hal yang mengandung dosa akan mudah menjauh apabila anda serius untuk melakukan hal ini. Tidak hanya dosa kecil saja, melainkan kemusrikan yang tergolong menduakan tuhan.

Kondisi ini juga menyebabkan yang buruk dapat diminimalisir dan lebih terkontrol, dan akhirnya meninggalkannya.

3. Memberikan Pengetahuan

Karena anda akan diajarkan dan dipandu hingga benar – benar menjadi pribadi yang baik. segala macam bentuk kebaikan akan mudah anda terima dan lebih paham mengenai konsep agama yang anda anut.

Baca Juga :   Doa Orang Teraniaya dan Hadistnya (Arab, Latin dan Terjemah)

Dan yang terpenting juga akan memudahkan anda dalam menjalankan kewajibannya.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan adanya ilmu dan pemahaman yang dimiliki, tentu saja akan meningkatkan kualitas hidup anda.

Seiring dengan bertambahnya pengetahuan yang anda miliki, secara sendirinya akan anda amalkan kepada orang lain dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga akan membuat hidup anda lebih baik.

5. Mendekatkan Diri kepada Pencipta

Karena kemampuan spiritual yang dimiliki ketika anda memperjuangkan dan mengamalkan, tentu akan membuat anda menjadi umat yang dikenal dan disayang oleh tuhan.

Selain itu juga hal ini bisa disebabkan karena setiap yang anda lakukan memiliki makna tersendiri sehingga lebih dekat.

6. Mempertahankan Umat

Dengan hal seperti perjuangan ini tidak akan membuat umat secara perlahan akan habis dimakan waktu. Karena dalam perjuangannya anda akan memberi tahu dan membimbing orang banyak mengenai syariat islam yang sedang berjalan hingga sekarang.

7. Mengamalkan Tujuan

Jika sudah banyak umat yang menyerap dan mengamalkan ilmu yang didapat, akan sangat mudah menjadikan khilafah sehingga untuk menyebarkan kebaikan di bumi ini sangatlah mudah.

Pengertian Jihad di Wikipedia (EN)

Syarat Jihad

syarat jihad
Syarat Jihad (Image Source: Pixabay.com)

1. Islam

Syarat yang pertama sebelum melakukan perjuangan agama islam adalah anda harus menganut agama islam. Karena terdapat hadist yang mengatakan “Tidaklah Allah mensyariatkan orang untuk berjuang kecuali bila orang itu mengakui tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad SAW adalah utusan-Nya”.

2. Berakal

Selain beragama islam, anda juga harus memiliki akal dan dalam keadaan waras atau tidak gila. Untuk memperjuangkan sesuatu tentu membutuhkan sebuah syariat yang baik dan dalam untuk membela kebajikan. Orang yang tidak berakal pun terbebas dari segala perintah dan kewajiban tuhan.

Baca Juga :   Sifat Wajib Rasul, Sifat Mustahil Rasul (Penjelasan & Gambar)

3. Baligh

Syarat penting untuk melakukan perjuangan dalam agama islam adalah harus sudah baligh. Dapat dikatakan bahwa untuk melakukan ini, anda harus setidaknya sudah berumur 14 tahun ke atas dan sudah mengalami masa – masa pubertas seperti kebanyakan orang. Selain memberikan kekuatan fisik, dan juga mental

4. Laki-laki

Wanita tidak dianjurkan untuk melakukan perjuangan ini karena pada masa Nabi dulu kegiatan ini dilakukan untuk mengusir para kaum penindas. Dan jika boleh ikut, wanita tidak boleh berada di barisan depan karena akan mengancam keselamatannya.

5. Izin

Selain memiliki ketetapan hati untuk melakukan perjuangan, diperlukan juga izin sebelum melakukannya. Izin yang pertama meliputi dari orang tua, tidak masalah jika anda tidak memenuhi syarat yang sudah disebutkan diatas, tapi minimal anda mendapatkan izin dari orang tua.

Berikutnya izin dari yang menghutangkan anda, hal ini juga penting karena setidaknya mereka tahu bahwa yang berhutang gugur dalam berjihad.

Dan yang terakhir izin dari seorang imam, sebab ini merupakan salah satu izin dari penting mengingat imam merupakan pemegang tanggung jawab untuk melakukan jihad. Jadi, sebelum melakukan

Dari yang sudah dikatakan oleh para ulama juga jihad memiliki maksud dan tujuan untuk menegakkan agama islam di bumi.

Selain itu juga dengan dilakukannya hal semacam ini bukan untuk mengutamakan ego pribadi dan juga golongan apalagi masalah dendam.

Sehingga dibutuhkan pengetahuan yang baik dan benar. Untuk itu perlu adanya seseorang yang mengajarkan akan hal ini.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.