Geometri: Pengertian, Rumus, Pembahasan dan 3 Tipe Geometri

Cabang ilmu terkait geometri bisa dikatakan sebagai salah satu cabang ilmu tertua dalam mata pelajaran matematika. Cabang ilmu ini berbicara terkait studi bidang geometris.

Yang termasuk di dalam bidang geometri adalah lingkaran, oval, persegi panjang, persegi, belah ketupat, bola, kerucut, silinder, piramida dan masih banyak bangunan yang masuk ke dalam studi geometris ini.

Baca Juga : 8 Rumus Bangun Ruang: Kubus, Balok, Tabung, Kerucut, Bola dll

Mempelajari cabang ilmu tertua ini tidak hanya akan membantu Anda memahami terkait konsep bangunan hingga bagaimana menghitung luas dan volume bangunan.

Lebih dari itu, mempelajari cabang ilmu satu ini mampu mengajarkan Anda cara berpikir logika, cara pemecahan masalah, hingga kemampuan penalaran analitik.

Pengertian Geometri

Pengertian Geometri
Pengertian Geometri

Dalam setiap bidang kehidupan dapat kita temukan dengan mudah semua benda yang berhubungan dengan cabang ilmu satu ini, misalnya permukaan kertas, botol, bak mandi dan sebagainya semuanya terkait dengan bangunan geometris.

Geometri sendiri merupakan ilmu matematika yang membahas pattern atau pola hubungan antara garis, titik, sudut, bangun ruang dan bidang datar.

Secara umum, cabang ilmu tertua matematika ini terdiri dari dua macam, yaitu geometri datar dan ruang. Cabang ilmu satu ini masuk ke dalam bidang ilmu praktis yang berhubungan dengan beberapa formula terkait luas bangun datar, keliling bangun datar dan ruang hingga volume bangun ruang.

Cabang ilmu ini terdiri dari berbagai topik dasar dan topik utama, yaitu:

  • Sudut dan bentuk
  • Garis sejajar
  • Lingkar
  • Luas area
  • Objek 3D
  • Bangun ruang silinder
  • Bangun ruang kerucut
  • Bangun ruang bola
  • Luas area permukaan
  • Teorema pitagoras, serta masih banyak lainnya
Baca Juga :   Rumus Volume Tabung (Silinder), Contoh Soal dan Pembahasan

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan beberapa istilah di atas. Atau bahkan Anda baru sadar bahwa ternyata ilmu tersebut berhubungan dengan matematika tertua cabangnya.

Baca Juga : Rumus Volume Tabung (Silinder), Contoh Soal dan Pembahasan

Jika Anda tertarik untuk mendalami, berikut ini adalah beberapa rangkuman terkait bangunan geometris satu ini.

Geometri Ruang

Cabang ilmu ini membahas terkait seluruh bangun ruang yang dikenal dan ada di bumi ini. Selain itu, cabang ilmu ini juga membahas mengenai bangunan yang menjadi bagian dari bangun ruang.

Yang dimaksud dengan bangun ruang sendiri adalah bangunan dimana titik-titik penyusun bangunan tersebut tidak terdapat dalam satu bidang.yang sama. Bangun ruang terdiri dari beberapa jenis misalnya kubus, balok, prisma, hingga bangunan limas.

Baca Juga : Kubus: Pengertian, Unsur-unsur, Rumus Kubus, dan Contoh Soal

Geometri Balok
Geometri Balok

1. Balok: Bangun ruang yang paling mudah ditemui. Balok memiliki ukuran luas alas dan luas bagian atapnya sama persis. Jumlah sisi dari balok yaitu sebanyak 6 buah. Rumus untuk mencari volume balok adalah:

Geometri Prisma
Geometri Prisma

2. Prisma: Bangunan prisma terdiri dari bidang alas serta bidang bagian atas yang memiliki ukuran sama. Jumlah sisi pada prisma segi n adalah sebesar n+2. Sementara rumus volume prisma adalah Lalas x Lprisma.

Geometri Limas
Geometri Limas

3. Limas: Jumlah sisi pada limas tidak tertentu dan dipengaruhi oleh bentuk dari alas yang digunakan. Jumlah sisi pada limas adalah sebanyak n+1 dengan n merupakan jumlah segi pada alas limas. Untuk mendapatkan volume limas, maka rumus yang digunakan pada Vlimas = 1/3 x Lalas x tinggi limas

Pengertian Geometri di Wikipedia

Geometri Bidang Datar

Cabang ilmu satu ini membahas mengenai analitik datar dari bangunan berdimensi dua. Y

ang dimaksud dengan bidang atau bangun datar sendiri artinya bahwa keseluruhan dari bangunan itu terletak dalam satu bidang saja.

Baca Juga :   Bilangan Prima: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Soal

Ada beberapa poin yang termasuk ke dalam pembahasan materi bidang datar ini, yaitu:

Geometri Garis
Geometri Garis

1. Garis : garis merupakan sekumpulan titik-titik yang saling terhubung hingga dapat membentuk sebuah garis. Garis yang terbentuk dari sekumpulan titik-titik ini kemudian dapat diperpanjang titiknya sesuai dengan yang diperlukan.

Garis sendiri terdiri dari tiga jenis pada umumnya, yaitu garis lurus, garis tegak lurus hingga garis sejajar.

Geometri Segiempat
Geometri Segiempat

2. Segi empat: Segi empat merupakan bangunan bidang datar yang terdiri dari empat sisi. Segi empat sendiri memiliki beberapa jenis bentuk. Bangunan di bawah ini masuk ke dalam jenis bangunan segi empat.

  • Persegi panjang: Rumus luas = panjang x lebar
  • Trapesium: Rumus trapesium = Luas = ½ ( Jumlah sisi sejajar )x tinggi
  • Jajaran genjang: Rumus luas= alas x tinggi
  • Persegi: Rumus luas = sisi x sisi atau sisi^2
Geometri Segitiga
Geometri Segitiga

3. Segitiga: Segitiga merupakan bangunan dua dimensi yang merupakan polygon yang terbentuk dari tiga buah sisi serta tiga buah sudut. Rumus luas segitiga dinyatakan pada formula ½ x alas x tinggi

Geometri Lingkaran
Geometri Lingkaran

4. Lingkaran: Lingkaran dibentuk dari gabungan beberapa titik yang memiliki jarak yang sama ke pusat. Rumus luas lingkaran adalah phi x jari-jari^2. Jari-jari sendiri merupakan jarak dari titik pusat ke lingkaran luar.

Geometri Bola

Konsep titik pada bola didefinisikan sama dengan geometri bidang datar. Namun, konsep garis lurus didefinisikan sebagai lintasan terpendek yang ditempuh antara dua titik atau dikenal dengan geodesik.

Geometri Bola
Geometri Bola

Bola sendiri merupakan bangun ruang hasil transformasi dari tak hingga jumlah lingkaran yang memiliki jari-jari sama panjang dengan titik pusat yang sama. Bola sendiri hanya memiliki satu sisi.

Rumus untuk menghitung luas permukaan bola adalah L = 4 x π x r².

Keterangan:

  • L = luas permukaan bola.
  • r = jari-jari bola.
  • π = 22/7 atau 3,14.

Sementara rumus volume bola adalah V = 4/3 π x r³.

Keterangan:

  • L = luas permukaan bola.
  • r = jari-jari bola.
  • π = 22/7 atau 3,14.
Baca Juga :   Rumus Luas Lingkaran, Keliling Lingkaran, Diameter Lingkaran

Di luar yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak berbagai bangunan baik itu bangun datar dan ruang yang ada.

Meski memiliki bentuk yang berbeda, sebenarnya setiap geometri bangunan tersebut memiliki konsep yang hampir serupa.

Misalnya seperti konsep luas bangunan hingga volume. Agar dapat memahami materi geometri dengan baik, sebaiknya pelajari konsepnya dari dasar.

Rumus  Geometri Lengkap

rumus bangun ruang

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.