15 Negara Terbesar di Dunia Menurut Luas Wilayahnya

Tahukah kamu berapa jumlah negara yang ada di dunia? serta negara apa yang terbesar dan terluas di dunia?

Negara terbesar di dunia merupakan salah satu kata kunci yang paling banyak dicari saat ini pada mesin pencarian Google. Kata kunci ini tentu di dominasi oleh pelajar di seluruh Indonesia yang penasaran akan negara terbesar di dunia.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan rangkuman daftar lengkap 15 negara terbesar dan terluas di dunia berdasarkan data dari beberapa sumber media terpercaya.

Berdasarkan data yang ada di situs Wikipedia.org ada 195 daftar negara yang ada di dunia, mulai dari yang terluas hingga yang terkecil dan juga dari yang terpadat populasi penduduknya hingga ke populasi penduduk yang terkecil.

Yang paling mengherankan dari daftar 15 negara terbesar dan terluas di dunia ini adalah luasnya yang mencangkup 70% dari luas daratan bumi lo, perkiraan luasnya adalah 169 juta km².

Negara-negara ini meliputi bentang alam yang sangat beranekaragam, mulai dari iklim, cuaca, padang gurun, hutan tropis, tundra, hingga lapisan tanah tiap negara juga berbeda-beda.

Nah yang paling menariknya lagi adalah negara-negara ini memiliki batas dan luas wilayah yang tidak beraturan alias dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Mari kita ulas satu-persatu dari sejarah lama, seperti yang kita ketahui dalam sejarah dunia ada yang namanya:

  1. Zaman Kerajaan Romawi
  2. Zaman Kekhalifahan Islam
  3. Zaman Kekaisaran Mongolia Genghis Khan
  4. Zaman Kerajaan Inggris Raya

Dari ke 4 daftar sejarah dunia diatas, teman-teman tentu sudah tahu bahwa pada zaman Kerajaan Romawi kerajaan inilah yang memiliki luas wilayah dan lahan terbesar di dunia.

Pada masa Kekhalifahan Islam berdasarkan dari beberapa sumber buku, maka merekalah yang memiliki luas wilayah terbesar di dunia.

Sedangkan pada masa Kekaisaran Mongolia Genghis Khan, kekaisaran inilah yang memiliki luas wilayah paling besar di dunia.

Begitu pula dengan masa Kerajaan Inggris Raya, yang dikenal dengan Zaman Kolonialisme memiliki kerajaan terbesar dan luas wilayah yang tak terhingga.

Berdasarkan ke 4 fakta sejarah diatas, dapat disimpulkan bahwa luas wilayah tiap negara dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Jadi sangat sulit menentukan secara pasti negara mana yang memiliki wilayah terluas di dunia hingga negara mana yang memiliki wilayah terkecil di dunia.

Berikut ini kami berikan daftar 15 negara terbesar di dunia berdasarkan beberapa situs media terpercaya.

1. Rusia (Luas Wilayah 17.1 Juta km²)

Rusia

Rusia merupakan negara yang memiliki luas wilayah terbesar di dunia saat ini, dengan luas wilayah sebesar 17.1 Juta km² sudah jelas bukan negara ini berada di urutan pertama dalam daftar negara terluas di dunia.

Meskipun memiliki luas wilayah terbesar di dunia, tapi Rusia hanya menduduki urutan ke 9 dalam daftar Populasi Penduduk tertinggi di dunia saat ini yakni sebanyak 146.877.088 jiwa.

Jumlah penduduk di Rusia hanya 1.94% dari jumlah pendudukan yang ada di dunia, terhitung dari sensus penduduk yang di lakukan pada Tanggal 1 Januari 2018.

Rusia juga diapit oleh dua benua yang berbeda yakni Benua Eropa dan Benua Asia, shingga dapat di pastikan Rusia merupakan negara terbesar di Benua Eropa dan Asia.

Data Negara Rusia

Luas Wilayah Rusia
Luas Wilayah Rusia
  • Luas wilayah : 17.125.191 km²
  • Luas daratan : 16.377.742 km²
  • Luas perairan : 720.500 km²
  • Jumlah penduduk : 146.877.088 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 1.94%

Dari data diatas dapat di pastikan bahwa Rusia berada di urutan pertama dalam daftar negara terbesar di dunia. Bila kamu masih bingung atau ragu, kamu dapat membuka peta atlas dunia dan pasti akan terlihat 1 negara yang luas daerahnya sangatlah besar berbeda dari negara lainnya dan itu adalah Rusia.

2. Kanada (Luas Wilayah 9.985 Juta km²)

Kanada

Ada yang belum pernah mendengar nama Kanada? Semua orang tentu sudah sering mendengar nama negara yang satu ini bukan.

Bila kamu bertanya negara apa yang terbesar di Benua Amerika maka jawabannya adalah Kanada, Kanada terletak di Benua Amerika bagian Utara.

Kanada diketahui sebagai negara terbesar di Benua Amerika dan berada di urutan kedua dalam daftar negara terbesar di dunia saat ini setelah Rusia.

Meskipun Kanada memiliki luas wilayah yang besar, namun Kanada hanya menduduki peringkat ke 38 dalam daftar populasi penduduk tertinggi di dunai yakni 37.611.300 jiwa, hanya 0.496% dari populasi penduduk dunia.

Baca Juga :   Gambar Peta Bali Kualitas Tinggi Skala 1:3.000.000

Data tersebut diambil berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada Tanggal 16 Oktober 2019.

Data Negara Kanada

Luas Wilayah Kanada
Luas Wilayah Kanada
  • Luas wilayah : 9.985.670 km²
  • Luas daratan : 9.093.507 km²
  • Luas perairan : 891.163 km²
  • Jumlah penduduk : 37.611.300 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.496%

3. Amerika Serikat (Luas Wilayah 9.834 Juta km²)

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam daftar 25 negara terluas di dunia saat ini, dengan luas wilayah sebesar 9.834 juta km² Amerika Serikat berada di urutan ketiga dalam daftar negara terluas di dunia.

Perlu anda ketahui bawa dibeberapa sumber media lain banyak yang mengatakan bahwa Negara China (Republik Rakyat China) merupakan negara yang memiliki luas wilayah terbesar nomor 3 di dunia.

Padahal, fakta sebenarnya Amerika Serikat lebih luas dari China hanya saja perbedaan luas wilayah kedua negara ini tidaklah jauh berbeda.

Amerika Serikat memiliki luas wilayah 9.834 juta km² sedangkan China memiliki luas wilayah 9.597 juta km².

Amerika Serikat atau biasa lebih dikenal dengan United State of America (USA) terletak di Benua Amerika Utara. Amerika adalah salah satu negara adidaya yang sangat terkenal dengan kekuatan politik serta ekonomi yang di akui oleh seluruh dunia.

Amerika juga memiliki jumlah penduduk yang tinggi, sehingga membuat negara ini berada di urutan ke 3 dalam daftar populasi penduduk tertinggi di dunia yakni 331.856.000 jiwa, 4.37% dari jumlah penduduk di dunia.

Data Negara Amerika Serikat (USA)

Luas Wilayah Amerika Serikat
Luas Wilayah Amerika Serikat
  • Luas wilayah : 9.834.675 km²
  • Luas daratan : – km²
  • Luas perairan : – km²
  • Jumlah penduduk : 331.856.000 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 4.37%

4. Republik Rakyat China (Luas Wilayah 9.597 Juta km²)

China

China memiliki luas wilayah sebesar 9.597 juta km2, sehingga negara China berada di urutan ke 4 dalam daftar negara terbesar di dunia saat ini.

Luas negara China membentang bersebelahan dengan perbatasan ke 14 negara lain salah satunya adalah Afganistan bagian Barat, Rusia bagian Utara, dan Vietnam di bagian Selatan.

China merupakan negara terbesar di Benua Asia saat ini meskipun ada Rusia yang di anggap sebagai negara terbesar di Benua Asia hanya saja Rusia lebih di kenal sebagai negara dari Benua Eropa.

Meskipun Negara China hanya menduduki urutan ke 4 dalam daftar negara terbesar di dunia, tapi China berada di urutan pertama dalam daftar negara dengan populasi penduduk terpadat di dunia saat ini yakni berjumlah 1.399.310.000 jiwa, 18.4% dari jumlah penduduk di dunia.

Di era modern ini, China atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Negara Tiongkok menjelma menjadi salah satu negara raksasa dalam bidang perekonomian, terutama di sektor industri teknologi seperti smartphone.

Kamu tentu sudah tahu bahwa saat ini China memiliki beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi smartphone yang sudah terkenal seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan lain-lain.

Semua produk smartphone terbaru saat ini dibuat di negara Tiongkok, jadi tak heran bila negara ini sudah berkembang pesat dalam sektor industri teknologi.

Data Negara China

Luas Wilayah China
Luas Wilayah China
  • Luas wilayah : 9.596.960 km²
  • Luas daratan : 9.326.410 km²
  • Luas perairan : 270.550 km²
  • Jumlah penduduk : 1.399.310.000 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 18.4%

Nah, selain terkenal dengan negara yang sangat kuat di bidang perekonomian. China juga di akui oleh dunia sebagai negara yang memiliki berbagai jenis obat-obatan herbal.

Obat-obat herbal yang di racik oleh rakyat China terkenal sangat ampuh dan mujarab untuk menyenmbuhkan berbagai penyakit karena dibuat secara alami.

Maka dari itu tak heran bila Negara China memiliki jumlah dokter yang sangat banyak melebihi jumlah dokter yang ada di Negara Qatar.

5. Brazil (Luas Wilayah 8.511 Juta km²)

Brazil

Brazil berada di urutan ke 5 dalam daftar negara terluas di dunia saat ini. Semua orang tentu sudah tahu bukan dengan negara yang satu ini?

Brazil terkenal dengan talenta anak bangsa yang sangat hebat dalam bidang olahraga sepakbola, maka dari itu tak heran bila Berazil merupakan negara pertama di dunia yang menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 x pada Tahun 1958, 1962, 1970, 1994, 2002.

Selain terkenal dengan kehabatan talenta anak bangsa dalam bidang sepakbola, Brazil juga terkenal sebagai negara jantung dunia karena memiliki hutan yang sangat luas di dunia yang dikenal dengan Hutan Amazon.

Bila kamu pernah menonton film Ular Anaconda di TV, maka kamu akan tahu bahwa ular yang satu ini hanya ada di Hutan Amazon Brazil.

Brazil merupakan negara terluas di Amerika Selatan, luas wilayahnya mencapai 8.51 juta km². Secara geografis Brazil memiliki garis pantai yang sangat panjang di pesisir Timur berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Maka dari itu tak heran bila kota-kota besar di Negara Brazil terletak di pesisir pantai seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro.

Selain masuk ke dalam daftar negara terbesar di dunia, Brazil juga masuk ke dalam daftar negara dengan populasi penduduk tertinggi nomor 6 di dunia saat ini. Populasi penduduk di Brazil berjumlah 212.063.000 jiwa, 2.79% dari jumlah penduduk di dunia.

Data Negara Brazil

Luas Wilayah Brazil
Luas Wilayah Brazil
  • Luas wilayah : 8.525.770 km²
  • Luas daratan : 8.385.140 km²
  • Luas perairan : 157.630 km²
  • Jumlah penduduk : 212.063.000 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 2.79%

6. Australia (Luas Wilayah 7.692 Juta km²)

Australia

Australia merupakan salah satu negara yang unik, kenapa? Karena Cuma negara ini yang memiliki nama yang sama persis dengan nama benuanya sendiri yakni Benua Australia.

Baca Juga :   Peta Jawa Timur Skala 1:700.000 beserta 38 Kabupaten

Australia memiliki luas wilayah sekitaran 7.692 juta km², dengan luas wilayah yang cukup besar dapat di pastikan bahwa Australia merupakan negara ke 6 dalam urutan daftar negara terbesar di dunia saat ini.

Australia juga merupakan negara terbesar di OSEANIA. Meskipun Australia berada di urutan ke 6 dalam daftar negara terbesar di dunia, tapi Australia hanya menduduk peringkat ke 53 dalam daftar negara dengan populasi penduduk tertinggi di dunia saat ini.

Jumlah penduduk Australia adalah 25.469.800 jiwa hanya 0.336% dari jumlah penduduk yang ada di dunia, data ini di ambil dari situs resmi Wikipedia.org yang telah di update pada Tanggal 16 Oktober 2019.

Data Negara Australia

Luas Wilayah Australia
Luas Wilayah Australia
  • Luas wilayah : 7.692.220 km²
  • Luas daratan : 7.686.850 km²
  • Luas perairan : 0.76% dari luas daratan
  • Jumlah penduduk : 25.469.800 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.336%

7. India (Luas Wilayah 3.287 Juta km²)

India

Ada yang tidak kenal dengan negara yang satu ini? Semua orang di dunia tentu sudah tahu dengan negara India terutama Indonesia yang mayoritas masyarakatnya sangat menyukai film India.

Tak heran bila film India dianggap sebagai salah satu film terfavorit di Indonesia terutama bagi para ibu-ibu.

India memiliki luas wilayah sebesar 3.287 juta km², luas wilayah India membentang berbatasan dengan wilayah dari negara lain seperti Pakistan, China, dan Nepal.

Meskipun India hanya menduduki urutan ke 7 dalam daftar negara terbesar di dunia tapi India berada di urutan kedua dalam daftar negara dengan jumlah populasi penduduk tertinggi di dunia saat ini.

India memiliki jumlah populasi penduduk sebesar 1.349.130.000 jiwa, jumlah tersebut diperkirakan mencapai 17.8% dari jumlah penduduk yang ada di dunia.

Data Negara India

Luas Wilayah India
Luas Wilayah India
  • Luas wilayah : 3.287.263 km²
  • Luas daratan : 2.973.193 km²
  • Luas perairan : 314.070 km²
  • Jumlah penduduk : 1.349.130.000 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 17.8%

8. Argentina (Luas Wilayah 2.78 Juta km²)

Argentina

Tak jauh berbeda dengan Negara Brazil, Argentina juga di kenal sebagai salah satu negara pencetak para atlet sepakbola terbaik di dunia sebagai contoh Maradona, Messi, Sergio Aguero Angel Demaria dan lain-lain.

Argentina berada di urutan ke 8 dalam daftar negara terbesar di dunia saat ini dengan luas wilayah sebesar 2.78 juta km², secara geografis Argentina memiliki iklim cuaca yang bervariasi tiap daerahnya.

Meskipun Argentina menjadi salah satu negara terluas di dunia, akan tetapi jumlah penduduk negara Argentina jauh berbeda dengan negara Indonesia.

Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 268.074.600 jiwa sedangkan Argentina memiliki jumlah populasi penduduk 44,044,811 jiwa hanya 0.58% dari jumlah penduduk yang ada di dunia.

Data Negara Argentina

Luas Wilayah Argentina
Luas Wilayah Argentina
  • Luas wilayah : 2.780.400 km²
  • Luas daratan : 2.736.690 km²
  • Luas perairan : 43.710 km²
  • Jumlah penduduk : 44,044,811 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.58%

9. Kazakhstan (Luas Wilayah 2.725 Juta km²)

Kazakhstan

Bila kamu sering menonton film action seperti sniper dan film perang lainnya, maka kamu tak asing lagi dengan negara Kazakhstan.

Kazakhstan memiliki luas wilayah sebesar 2.725 juta km² yang mayoritas wilayahnya berupa daratan stepa dan dataran tinggi seperti pegunungan dan bukit.

Dengan luas wilayah yang cukup besar tak heran bila Kazakhstan berada di urutan ke 9 dalam daftar negara terluas di dunia saat ini.

Kazakhstan memiliki jumlah penduduk sebesar 18.232 juta jiwa , yang menempatkannya berada di urutan ke 62 dalam daftar negara dengan populasi penduduk tertinggi di dunia.

Jumlah penduduk negara Kazakhstan hanya 0.24% dari jumlah penduduk di dunia, data tersebut di ambil pada Tanggal 1 May 2018 berdasarkan situs resmi Wikipedia.org

Berdasarkan letak geografis Kazakhstan memiliki musim yang berbeda-beda layaknya negara eropa musim kering, musim dingin serta memiliki suhu tahunan yang tinggi. Namun tak setinggi suhu di negara tetangganya yakni Rusia.

Data Negara Kazakhstan

Luas Wilayah Kazakhstan
Luas Wilayah Kazakhstan
  • Luas wilayah : 2.725.900 km²
  • Luas daratan : 2.699.700 km²
  • Luas perairan : 25.200 km²
  • Jumlah penduduk : 18,232,000 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.24%

10. Algeria (Luas Wilayah 2.382 Juta km²)

Algeria

Bila kamu bertanya negara apa yang paling besar di Benua Afrika maka jawabannya adalah Algeria (Aljazair). Selain menjadi negara terbesar di Benua Afrika, Algeria (Aljazair) juga merupakan negara terbesar ke 10 di dunai saat ini.

Algeria memiliki luas wilayah sebesar 2.382 juta km², luas wilayah Algeria hanya berbeda sedikit dari luas wilayah Negara Kongo yang berada di urutan ke 11 yakni seluas 2.345 juta km².

Algeria terletak di Benua Afrika lebih tepatnya di bagian Afrika Utara daerah Barbary Coast. Selain itu Algeria juga merupakan satu-satunya negara di Benua Afrika yang memiliki garis pantai yang panjang yakni 998 km.

Negara ini dapat di katakan sebagai negara gurun pasir kenapa? Karena 90% luas wilayah negara Algeria adalah gurun pasir dengan panas suhu yang cukup tinggi.

Meskipun sebagian besar luas wilayah Algeria adalah gurun pasir, namun Algeria memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi lo.

Terhitung dari data sensus penduduk pada Tanggal 1 July 2017 yakni berjumlah 41.69 juta jiwa berada di urutan ke 33 dari daftar jumlah penduduk tertinggi di dunia. Jumlah tersebut 0.55% dari jumlah penduduk di dunia saat ini.

Data Negara Algeria

Luas Wilayah Algeria
Luas Wilayah Algeria
  • Luas wilayah : 2.382.741 km²
  • Luas daratan : 2.382.741 km²
  • Luas perairan : – km²
  • Jumlah penduduk : 41,697,498 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.55%
Baca Juga :   7 Proses Daur Air: Pengertian, Urutan, Penjelasan, Gambar

11. Republik Kongo (Luas Wilayah 2.345 Juta km²)

Luas Wilayah Kongo
Luas Wilayah Kongo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Kongo memiliki luas wilayah sebesar 2.345 juta km² sehingga Kongo berada di urutan ke 11 dalam daftar negara terbesar di dunia saat ini setelah Algeria.

Kongo merdeka pada Tahun 1960 sehingga Kongo memiliki nama resmi yang dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo. Berdasarkan letak geografis Kongo terletak di Benua Afrika sama dengan negara tetangganya yakni Algeria.

Meskipun Kongo memiliki luas wilayah yang cukup besar tapi Kongo memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit sangat jauh berbeda dari jumlah penduduk tetangganya Algeria.

Jumlah populasi penduduk Republik Kongo sebesar 5.26 juta jiwa saja, berada di urutan ke 117 dalam daftar jumlah populasi penduduk tertinggi di dunia saat ini. Jumlah penduduk Kongo hanya 0.069% dari jumlah penduduk di dunia.

Data Negara Republik Kongo

  • Luas wilayah : 2.345.858 km²
  • Luas daratan : 2.345.858 km²
  • Luas perairan : – km²
  • Jumlah penduduk : 5,260,750 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.069%

12. Saudi Arabia (Luas Wilayah 2.15 Juta km²)

Saudi Arabia

Saudi Arabia atau biasa dikenal dengan sebutan Arab Saudi memiliki luas wilayah sebesar 2.15 juta km², luas wilayah Arab Saudi hanya berbeda sedikit dengan luas wilayah Kongo.

Secara resmi Arab Saudi dikenal sebagai Kingdom of Saudi Arabia (KSA), sebuah negara di bagian Asia Barat yang memiliki wilayah hampir mencangkup keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia.

Saudi Arabia memiliki luas wilayah sebesar 2.15 juta km² (830000 sq mi), secara geografis Arab Saudi merupakan negara terbesar kelima di Benua Asia dan negara kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair serta negara terbesar ke 12 di dunia saat ini.

Sedangkan dalam daftar populasi penduduk tertinggi di dunia, Arab Saudi berada di urutan ke 40 dengan jumlah penduduk sebesar 33,41 juta jiwa, jumlah tersebut hanya 0.44% dari jumlah penduduk dunia.

Data Negara Arab Saudi

Luas Wilayah Saudi Arabia
Luas Wilayah Saudi Arabia
  • Luas wilayah : 2.150.000 km²
  • Luas daratan : 2.150.000 km²
  • Luas perairan : – km²
  • Jumlah penduduk : 33,413,660 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.44%

13. Meksiko (Luas Wilayah 1.973 Juta km²)

Meksiko

Pernahkah kamu menonton film Koboy? Film yang dikenal dengan keterampilan pria dalam menggunakan pistol dan bermain kuda?

Ya film tersebut berasal dari negara Meksiko, tentu semua orang tahu bukan terutama bagi yang suka menonton film koboy.

Secara geografis Meksiko terletak di Benua Amerika Utara berbatasan dengan Negara Amerika Serikat, Guatemala dan juga Belize di bagian Tenggara.

Meskiko memiliki luas wilayah sebesar 1.973 juta km² sehingga Meksiko berada di urutan ke 13 dalam daftar negara terbesar di dunia saat ini.

Meskipun hanya berada di urutan ke 13 dalam daftar negara terluas di dunia, Meksiko berada di urutan ke 10 dalam daftar negara dengan populasi penduduk tertinggi di dunia saat ini.

Jumlah penduduk di negara Meksiko sebanyak 126.57 juta jiwa, data tersebut di update pada tanggal 1 Januari 2019. Jumlah penduduk di Meksiko hanya 1.67% dari jumlah penduduk yang ada di dunia.

Data Negara Meksiko

Luas Wilayah Meksiko
Luas Wilayah Meksiko
  • Luas wilayah : 1.973.201 km²
  • Luas daratan : 1.973.201 km²
  • Luas perairan : 2.5%
  • Jumlah penduduk : 126.577.691 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 1.67%

14. Indonesia (Luas Wilayah 1.905 Juta km²)

Indonesia

Bila kamu penasaran Indonesia berada di urutan ke berapa dalam daftar negara terluas di dunia maka kamu akan menemukan jawabannya setelah membaca artikel ini.

Indonesia berada di urutan ke 14 dalam daftar negara terluas di dunia saat ini, luas wilayah Indonesia tidak jauh berbeda dengan luas wilayah Sudan yang berada di urutan ke 15 dari daftar negara terbesar di dunia.

Baca Juga : Gambar Peta Indonesia HD 34 Provinsi Skala 1:5.000.000

Secara geografis Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Australia serta berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara jauh lebih besar dari negara di Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Namun, masih kalah besar bila dibandingkan dengan Negara India dan China.

Sedangkan dalam daftar negara dengan jumlah penduduk tertinggi di dunia, Indonesia berada di urutan ke 4 dengan total 268 juta jiwa, data tersebut di update pada Tanggal 1 Juli 2019 (Wikipedia.org) serta jumlah tersebut hanya 3.53% dari jumlah penduduk dunia.

Data Negara Indonesia

Luas Wilayah Indonesia
Luas Wilayah Indonesia
  • Luas wilayah : 1.905.931 km²
  • Luas daratan : – km²
  • Luas perairan : 4.85%
  • Jumlah penduduk : 268.074.600 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 3.53%

15. Sudan (Luas Wilayah 1.886 Juta km²)

Sudan

Selanjutnya adalah Sudan, negara terbesar ke 15 di dunia saat ini setelah Indoneisa dengan luas wilayah sebesar 1.886 juta km².

Sudan terletak di Benua Afrika, ia merupakan negara terbesar ke 3 di Benua Afrika setelah Aljazair (Algeria) dan Republik Kongo. Serta memiliki nama resmi yang dikenal sebagai Republik of The Sudan.

Sudan berada di urutan ke 34 dalam daftar populasi penduduk tertinggi di dunia saat ini yang berjumlah 40.7 juta jiwa, Jumlah tersebut hanya 0.54% dari total jumlah penduduk di dunia. Data tersebut di update terakhir kali pada Tanggal 1 Juli 2017 berdasarkan data dari situs Wikipedia.org

Data Negara Sudan

Luas Wilayah Sudan
Luas Wilayah Sudan
  • Luas wilayah : 1.886.068 km²
  • Luas daratan : – km²
  • Luas perairan : –
  • Jumlah penduduk : 40,782,742 jiwa
  • % dari penduduk dunia : 0.54%

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.