Doa Sebelum dan Sesudah Makan (Arab, Latin dan Artinya)

Setiap ajaran agama, termasuk islam tentu menganjurkan umatnya untuk selalu berdoa dalam setiap melakukan pekerjaan seperti makan dan minum.

Tak heran jika anak-anak bahkan balita sudah mulai diajari orang tuanya untuk membaca doa makan dan semacamnya. Hal itu bertujuan agar mereka terbiasa melakukannya kelak di masa mendatang.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Anda tentu pernah mendengar kata-kata bahwa makan tanpa berdoa, maka akan diikuti oleh setan dan menjadikan Anda tidak kenyang meskipun banyak sekali makanan yang masuk dalam perut.

Demikianlah, manfaat membaca doa makan yaitu supaya setan tidak mengikuti Anda saat makan ataupun minum.

Adapun bunyi atau lafal doa sebelum makan adalah:

Doa Sebelum Makan
Doa Sesudah Makan

Doa Sebelum Makan dalam Bahasa Arab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa Sebelum Makan dalam Bahasa Latin

“Allahumma Baariklana Fiima Razaqtanaa Waqinaa ‘adzaabannar”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Makan

“Ya Allah berkahilah rizqi yang telah Engkau berikan kepada kami dan semoga Engkau melindingi kami dari siksa api neraka.”

Anda juga bisa membaca doa yang satu ini, sebagaimana berbunyi “Allahumma Baariklanaa Fiihi Wa Ath’imnaa Khairan Minhu.”

Artinya:”Ya Allah semoga Engkau berikan kami berkah dari dalam makanan itu dan semoga Engkau memberikan makanan yang lebih baik.”

Baca Juga : Doa Qunut: Pengertian, Hukum, Manfaat, Cara Mengerjakan

Begitu pula setelah makan kita dianjurkan untuk berdoa. Adapun lafal doa sesudah makan yang paling umum adalah:

Doa Sesudah Makan
Doa Sesudah Makan

Doa Sesudah Makan dalam Bahasa Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Doa Sesudah Makan dalam Bahasa

“Alhamdulillahilladzi Ath’amanaa wa Saqaanaa Waj’alana Minal Muslimiin”.

Arti Bacaan Doa Sesudah Makan

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minuman kepada kami dan semoga Engkau menjadikan kami dalam golongan orang muslim”.

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Seringkali orang bahkan lupa membaca doa sebelum makan entah itu karena buru-buru atau yang lainnya. Namun tetap saja, harus membaca doa meskipun sudah di tengah bahkan hampir selesai makan. Berhentilah sejenak seketika ingat jika Anda belum berdoa dan segera melafalkannya sebagaimana berbunyi.

Baca Juga :   Mandi Wajib: Pengertian, Tata Cara, Rukun, Doa dan Syarat

Doa dalam Bahasa Arab

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Doa dalam Bahasa Latin

“Bismillah fiy Awwalihi wa Akhirihi.”

Arti Bacaan Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum Makan

“Dengan menyebut asma Allah di awal dan akhir aku makan.”

Dengan begitu, sebenarnya membaca doa tidak terbatas pada waktu tertentu. Yang paling penting adalah niat dan berdoa sepenuh hati.

Bacaan Doa Makan di Youtube

Adab Saat Makan

Adab Saat Makan
Adab Saat Makan (Image Source: Pengertian.org)

Di samping membaca doa sebelum maupun sesudahnya, masih banyak adab atau anjuran saat makan, diantaranya adalah:

A. Makan menggunakan tangan kanan

Makan dengan tangan kiri merupakan perbuatan setan, sehingga tidak patut manusia menirunya.

Hal itu sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasululah, “Jika diantara kalian makan, makan dan minumlah menggunakan tangan kanan, sebab sesunggguhnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim).

Baca Juga : Mandi Wajib: Pengertian, Tata Cara, Rukun, Doa dan Syarat

B. Tidak mencela makanan bagaimanapun keadaannya

Anda ataupun kita semua patut mencontoh Nabi yang tidak pernah mencela makanan bagaimanapun rasa ataupun kondisinya. Jika beliau tidak menyukai suatu makanan, maka akan diam atau tidak mengkonsumsinya dan jika suka beliau memakannya.

C. Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan

Cuci tangan sebelum makan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Secara medis, Anda bakteri yang menempel pada tangan yang telah dicuci akan hilang atau berkurang.

Dengan begitu kotoran atau bakteri tersebut tidak akan ikut masuk ke mulut saat Anda makan.

D. Tidak makan secara berlebihan

Suka berlebihan merupakan sifat setan ataupun orang kafir. Selain itu juga termasuk sifat yang dibenci oleh Allah.

Karena itu tidak seharusnya seorang muslim makan secara berlebihan.

Rasul menganjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang atau ketika sudah merasa kenyang.

Dari aspek medis makan dengan porsi yang berlebihan bisa menimbulkan penyakit seperti sakit perut dan sebagainya. Bahkan hal itu bisa membuat Anda malas dalam beraktifitas ataupun bekerja.

E. Tidak melahap makanan yang masih panas ataupun terlalu dingin

Makanan yang terlalu panas tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh, begitu pula jika terlalu dingin. Jadi, sebaiknya biarkan terlebih dahulu makanan yang panas hingga layak untuk Anda konsumsi.

Baca Juga : Doa Orang Teraniaya

Begitu pula, sebaiknya tidak menggunakan wadah yang terbuat dari bahan emas atau perak saat makan. Sebab, kedua bahan tersebut mengandung logam yang berbahaya bagi tubuh manusia.

F. Makan sambil duduk

Pada dasarnya makan sambil berdiri ataupun berjalan sangat tidak etis.

Hal itu juga bisa menimbulkan masalah saat menelan makanan.

Oleh sebab itu, sebaiknya makanlah sambil duduk supaya lebih tenang, nyaman, dan tentunya lebih etis.

Baca Juga :   Sifat Wajib Rasul, Sifat Mustahil Rasul (Penjelasan & Gambar)

Mengapa Membaca Doa Sebelum Makan?

1. Allah suka melihat hamba-Nya banyak berdoa

Allah SWT mengajarkan doa-doa supaya kita senantiasa terhubung dengan-Nya. Selalu bergantung kepada-Nya dan senantiasa berharap hanya kepada-Nya. Setiap doa akan dikabulkan oleh-Nya.

“Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu,” (firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 186).

Allah sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang banyak berdoa. Karena itulah, Dia ajarkan doa-doa untuk setiap aktivitas dan setiap kesempatan. Justru saat seorang hamba tak mau berdoa, sesungguhnya itu adalah bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka.

Dan Tuhanmu berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

2. Sesuai dengan sunnah Rasulullah

Seperti yang sudah diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahuanha dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bersabda:

“Jikalau salah satu diantara kalian akan makan atau minum, maka sebut nama Allah saat sebelum memulai makan tersebut. namun jika kalian lupa, maka kalian dapat mengucap basmalah saat awal ataupun akhir makan dan minum”

3. Memberi banyak keberkahan dan kebaikan

Membaca doa sebelum makan sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah wajib dan berdosa bagi yang meninggalkannya.

Selain karena ibnu Qayyim berkata “Yang benar adalah wajib membaca ‘bismillaah’ ketika makan. Dan hadis-hadis yang memerintahkan demikian adalah shahih dan sharih.

Dan tak ada yang menyelisihinya serta tidak ada satupun ijma’ yang membolehkan untuk menyelisihinya dan mengeluarkan dari makna lahirnya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaitan dalam makan dan minumnya.”

4. Sangat baik bagi kesehatan manusia

Dalam sebuah penelitian di negara Jepang. Dr Masaru Emoto mengadakan penelitian mengenai manfaat doa sebelum makanan dan minum. Sekarang hasil penelitian tersebut sudah dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah yang berjudul “The Hidden Message in Water”.

Dalam menjelaskan bahwa setiap minuman atau makanan yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami suatu perubahan molekul secara lebih baik. Nah susunan molekul ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Bahkan beliau mengungkapkan pula bahwa makanan dan minuman yang baik (sudah dibacakan doa), akan mempengaruhi perilaku orang agar menjadi baik pula.

5. Mencegah syaitan ikut serta menikmati makanan

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

“Apabila kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami tidak memulainya sehingga baginda memulai makan.

Suatu hari kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba datanglah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan.

Dengan segera Nabi memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan didorong oleh sesuatu.

Nabi lantas memegang tangannya.”

Baca Juga :   7 Doa Pernikahan serta 17 Keutamaan Menikah dalam Islam

Sesudah itu baginda shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sesungguhnya syaitan turut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syaitan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya turut menikmati makanan yang ada karena gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan.

Oleh karena itu aku memegang tangan anak tersebut. Syaitan pun lantas datang bersama anak Badui tersebut agar dapat menikmati makanan.

Oleh karena itu, aku pegang tangan Arab Badui itu. Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan syaitan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” (HR. Muslim no. 2017).

Hikmah Membaca Doa Makan

Setiap apa yang dianjurkan ataupun diperintahkan oleh Allah kepada kita tentu mempunyai hikmah tersendiri.

Begitu pula dengan membaca doa baik sebelum maupun setelah makan.

Dari lafal doa sebelum makan bisa kita ambil hikmah sebagai berikut:

A. Rezeki yang berkah

Tidak semua orang bisa merasakan berkahnya rezeki yang diberikan oleh Allah. Sebagaimana yang pernah terjadi pada sahabat Rasul, dimana suatu ketika sahabat nabi bertanya kepada beliau bahwa mereka sudah makan, namun tidak merasakan kenyang.

Rasulullah kemudian balik bertanya, “apakah kalian makan sendirian?” Sahabat tersebut menjawab “benar.”

Lalu Rasul bersabda “Makanlah kalian secara bersama-sama dan bedoalah dengan menyebut nama Allah , niscaya kalian akan diberikan keberkahan-Nya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Baca Juga : Doa Orang Teraniaya

Kita tidak akan merasa puas ataupun kecukupan dengan rezeki yang sudah diberikan kepada Allah jika tidak mensyukurinya.

Doa sebelum makan sendiri merupakan salah satu bentuk ucapan rasa syukur kita atas apa yang diberikan kepada Allah.

Begitu pula apa yang kita makan akan mendatangkan berkah jika kita mendapatkannya secara halal dan barang itu sendiri juga halal. Sebab makanan haram tidak akan mendatangkan keberkahan saat kita konsumsi.

B. Pemeliharaan dari Adzab Allah SWT.

Perihal makan bisa jadi mendatangkan adzab dari Allah, karena itu senantiasa kita harus meminta perlindungan dari-Nya, salah satunya dengan cara berdoa sebelum makan maupun setelahnya.

Hal itu mengingat manusia yang tak jarang menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkannya.

Makanan yang didapatkan secara tidak halal kemudian masuk dalam tubuh, akan memberi pengaruh tersendiri bagi perilaku. Seperti halnya lalai akan nikmat dan rezeki yang telah diberikan oleh Allah dan sering berbuat maksiat lainnya.

Doa makan , baik sebelum maupun setelahnya merupakan hal yang penting, meskipun sekedar dengan membaca Bismillah ataupun Alhamdulillah.

Oleh karenanya, sebaiknya biasakan anak Anda melakukannya sejak dini. Ajaran berdoa ini tidak bisa dianggap remeh, mengingat di dalamnya mengandung hikmah dan manfaat yang banyak bagi kehidupan.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.