Descriptive Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Pada bahasa Inggris, memiliki berbagai macam bentuk teks yang digunakan dalam penulisan bacaan.

Bentuk teks bacaan tersebut antara lain narrative text, report text, recount text, dan juga Descriptive Text. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai penulisan teks deskripsi.

Pengertian Descriptive Text

Pengertian Descriptive Text
Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text merupakan sebuah jenis teks yang memiliki fungsi untuk mendeskripsikan atau menginformasikan sebuah benda, orang, hewan, atau tempat secara detail dan jelas.

Baca Juga : Recount Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Biasanya dalam pendeskripsian teks, penulis akan menjelaskan tentang sifat, ciri ciri, serta bentuknya kepada pembaca.

Ciri-ciri Descriptive Text

Ciri-ciri Descriptive Text
Ciri-ciri Descriptive Text

Teks deskripsi memiliki ciri ciri yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah penjelasan mengenai ciri ciri teks deskripsi tersebut.

1. Jenis teks deskripsi menggunakan simple present tense atau biasa dikenal dengan kata kerja bentuk pertama dalam penulisannya.

Lalu dalam bacaan teks deskripsi, penulis menggunakan kata kerja yang menginformasikan mengenai mengisyaratkan kepemilikan dan keadaan objek.

Contohnya :

  • Bayu is handsome
  • My house has 3 bedrooms
  • The color of my jacket is pink

2. Jenis teks deskripsi menggunakan figurative language atau biasa dikenal dengan bahasa figuratif. Biasanya dalam penulisan menggunakan metafora atau simile untuk menggambarkan perbandingan.

Contohnya :

  • My skin is as dry a dessert

3. Jenis teks deskripsi menggunakan kata benda atau biasa dikenal dengan noun. Selain itu, dalam teks deskripsi ini juga dapat menggunakan kata sifat dalam penulisannya.

Contohnya :

  • My cat
  • Prambanan Temple
  • My mother
  • A big swimming pool
  • An intelligent children

4. Jenis teks deskripsi menggunakan attribute verb atau menggunakan (is, are, dan am).

5. Jenis teks deskripsi hanya fokus dalam satu hal atau objek saja dalam penulisannya.

6. Jenis teks deskripsi menggunakan relating verb atau biasa dikenal dengan kata kerja penghubung.

Contohnya :

  • My mother is beautiful

Struktur Descriptive Text

Struktur Descriptive Text
Struktur Descriptive Text

Sebelum anda menulis Descriptive Text, terlebih dahulu anda harus mengetahui struktur penulisannya. Hal ini dilakukan agar tulisan anda tidak salah. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur penulisannya.

Baca Juga :   Recount Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

1. Identification

Pada bagian identification ini adalah tahap dimana pembaca mulai memperkenalkan hal atau objek secara detail kepada pembaca untuk dilakukan deskripsi. Biasanya bagian ini terletak pada paragraf pertama bacaan.

2. Description

Pada bagian description ini adalah tahap dimana sebuah objek atau hal tersebut mulai dideskripsikan atau diinformasikan kepada pembaca.

Biasanya penulis menjelaskan mengenai tampilan fisik, sifat psikologi perilaku, dan sifat lainnya yang spesifik. Biasanya bagian ini terletak pada paragraf kedua bacaan.

Pembahasan serupa di Wikipedia (EN)

Contoh Descriptive Text Singkat

My Laptop

Contoh Descriptive Text My Laptop
Contoh Descriptive Text My Laptop

I have a laptop. My grandmother bought it for me last year. It is a nice laptop with white colour. It has a 20 inch screen. This is

the latest product from apple.

The performance of this laptop is a great. I can play games that require high specification using it. I can also play music, watch movies and draw using it.

And the most important thing is that I can type using it. So, if I have an assignment from my teacher, it will help me. I also can find many references from the internet using my laptop.

I really like this new laptop. Because it always helpful to me in various situations.

Terjemahan :

Aku mempunyai laptop. Nenekku membelikanku akhir tahun kemarin. Laptopku berwarna putih. Dia memiliki layar 20 inci. Laptopku bernama apple.

Penampilan laptopku terlihat keren. Aku bisa memainkan permainan dengan menggunakan spesifikasi laptop ini. Aku juga bisa memainkan musik, menonton film, dan menggunakannya untuk menggambar.

Dan yang lebih penting aku bisa menggunakannya untuk mengetik. Jadi jika aku mempunyai tugas dari dosen, laptop ini bisa membantuku. Aku juga bisa mencari banyak teori dari internet melalui laptopku.

Aku sangat menyukai laptopku. Hal itu karena dia selalu membantuku di berbagai situasi.

Contoh Descriptive Text Tentang Benda

My Favorite Book

Contoh Descriptive Text My Favorite Book
Contoh Descriptive Text My Favorite Book

I have a book which i bought weekend. The book is a novel titled Jingga dan Elegi. I love that book because when i read it i get not only knowledge but also humor.

Baca Juga :   Recount Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Unfortunately i had loss this book. I guess i lose it at Malang Town Square during my trip in Malang. It was difficult to get that book because i never found it at the bookstore. I got it at the street book seller in Singapore.

The colour of the book’s cover is dominated in yellow. The picture of that cover is a young man and women.

At the first page of that book, I wrote my name and my phone number. I also draw a rainbow at the corner of the first page. I always do the same thing to all my books because I hope if I loss my book, someone who found it would give it back to me.

The total page of that novel are 129 page which are divided into 10 parts. At the back of the cover is actually it by sticking the picture of a cat on it.

Terjemahan :

Aku mempunyai buku yang dibeli akhir minggu ini. Buku ini berjenis novel dengan judul jingga dan elegi. Aku menyukai buku ini karena ketika aku membacanya aku bahagia dan banyak pengetahuan yang aku dapatkan.

Suatu saat, aku kehilangan bukuku. Aku menghilangkannya di Malang Town Square selama aku berlibur di Malang.

Sangat susah untuk mencari buku itu, karena aku membelinya dari penulisnya langsung. Aku mendapatkannya di toko yang ada di Singapura.

Sampul novel itu berwarna kuning dan coklat. Gambar sampul novelnya adalah sepasang anak mudah laki laki dan perempuan.

Pada halaman pertama novel, aku menuliskan nama dan nomor telepon. Aku juga menggambarkan pelangi pada halaman pertama di sebelah kanan.

Aku selalu melakukan itu di semua bukuku karena bila aku kehilangan bukuku nanti, ada seseorang yang akan mengembalikannya kepadaku.

Total halaman novelnya adalah 139 dengan 10 bab. Di balik novelnya terdapat gambar stiker kucing.

Contoh Descriptive Text Tentang Hewan

Catty My Cat

Contoh Descriptive Text Kucing Saya
Contoh Descriptive Text Kucing Saya

My husband bought me a present I have wanted for years. It is a cat. A cat to be exact. I called him Catty. Catty is a big cat. His size is as big as the palm of my hand. Catty is so health. Sometimes I am afraid I will hurt him if I want to take him up.

Baca Juga :   Recount Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

My husband said he bought Catty at animal shop. Catty crying looking for his mother. But my husband can’t see her, so my husband decides to bring him home and give him some comfort.

Catty is a good eater. He always finished everything we gave him. Now, it is been a year since Catty come to our family.

Hiss big body has grown up in to the size of a basketball. Catty is a good cat and we love him so much.

Terjemahan :

Suamiku membelikan kado yang aku inginkan dari tahun lalu. Kado itu adalah kucing. Lebih tepatnya sebuah kucing. Aku memanggilnya Catty.

Catty adalah kucing perempuan. Dia memiliki motif hitam putih dan memiliki ekor yang panjang. Matanya berwarna biru kecoklatan. Ukurannya sebesar tanganku.

Dia selalu tidur denganku. Catty adalah kucing yang sehat. Terkadang aku takut saat menggendongnya di pangkuanku. Suamiku membeli Catty di toko hewan.

Catty mengeong keras saat melihat suamiku mengelusnya. Akhirnya suamiku membelinya dan membawanya ke rumahku. Sekarang dia sudah setahun berada di rumahku.

Badannya sudah sebesar bola basket. Saat ini dia sudah memiliki 4 ekor anak. Anaknya berjenis kelamin laki laki semuanya.

2 anak kucing memiliki motif putih, coklat, dan hitam. Lalu untuk 2 anak kucing lainnya memiliki motif putih.

Anak kucing tersebut sangat suka dengan ikan dan susu. Setiap pagi aku selalu memberikan mereka makanan ikan dengan campuran nasi dan susu sapi.

Mereka selalu menghabiskan makanan dan minumannya. Setiap hari saya selalu bermain dengan anak anak kucing.

Saya selalu membawanya ke dokter hewan untuk disuntik vaksin. Catty dan anaknya tumbuh dengan sehat. Mereka suka berlari lari mengejar bola dan tali.

Catty adalah kucing pintar dan kami semua menyayanginya. Ibuku juga suka bermain dengan Catty dan anaknya.

Penulisan teks deskripsi terbilang mudah, bila anda mengetahui ciri ciri serta struktur penulisannya secara baik dan benar. Selamat mencoba.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.